Menengok Wajah Baru Manggarai yang Dibilang Mirip Stasiun di Jepang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 30 Sep 2021 12:06 WIB
Jalur Layang Stasiun Manggarai
Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom
Jakarta -

Pengembangan dilakukan di Stasiun Manggarai. Stasiun ini memiliki tambahan jalur layang atau elevated. Jalur layang yang dioperasikan sejak 25 September ini digunakan sebagai lintasan kereta commuter line jurusan Bogor.

detikcom hari ini, Kamis (30/9/2021) menjajal jalur baru Stasiun Manggarai, perjalanan dilakukan dari arah Bogor dengan naik kereta relasi Jakarta Kota-Bogor. Sesampainya di Stasiun Manggarai kereta langsung naik ke jalur baru dan berhenti di peron 11.

Jalur Layang Stasiun ManggaraiJalur Layang Stasiun Manggarai Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom

Letak peron 11 sebagai jalur baru ada di bangunan ujung barat Stasiun Manggarai. Jadi kereta dari arah Bogor yang menuju Jakarta Kota tidak lagi berhenti di bagian bawah Stasiun Manggarai, tapi di bagian atas.

Namun kereta dari arah Bogor, Depok, maupun Nambo yang menuju Jatinegara atau Angke masih berhenti di peron-peron stasiun di bagian bawah.

Jalur baru yang ada di Stasiun Manggarai terdapat di bangunan baru dengan tinggi tiga lantai di ujung barat Stasiun Manggarai. Di sana ada empat jalur atau peron baru yang diperuntukkan untuk kereta lintas Bogor atau Depok yang menuju Jakarta Kota, tepatnya peron 10-13.

Pembangunan jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai sudah selesai. Fasilitas ini pun sudah bisa digunakan oleh penumpang KRL.Foto: Andhika Prasetia/Detikcom

Bangunan stasiun ini juga terintegrasi dengan Stasiun Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Di lantai 3, yang paling atas ada 4 jalur kereta commuter line lintas Bogor, sementara di lantai paling bawah ada 2 jalur kereta bandara.

Strukturnya begini, di lantai 1 digunakan sebagai pintu masuk stasiun, ada dua pintu yaitu pintu untuk stasiun KA Bandara Soetta dan pintu masuk untuk kereta commuter line. Pintu masuk itu berada di Jalan Saharjo I, dekat Pasaraya Manggarai.

Kemudian di lantai dua ada ruang tunggu dan tempat pengecekan tiket untuk KA Bandara, sedangkan peron KA bandara ada di lantai paling bawah. Di lantai dua ini juga menjadi tempat akses bagi penumpang commuter line lintas Bogor-Jakarta Kota.

Bagi penumpang yang mau transit bisa turun ke lantai 1 stasiun dan menuju peron yang dituju untuk melanjutkan perjalanan. Bagi yang mau keluar bisa langsung menuju pintu barat yang tersambung dengan Jalan Saharjo I, atau yang mau keluar pintu timur di Jalan bisa melewati peron-peron.

Penumpang KRL yang mau akses KA Bandara Soetta bisa cek halaman berikutnya.



Simak Video "Cek Jalur Layang Stasiun Manggarai, Menhub: Kayak di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]