Daftar Infrastruktur yang Dibangun Demi Balapan di Sirkuit Mandalika

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 07 Okt 2021 18:25 WIB
Kelak-kelok Sirkuit Mandalika yang Sudah Resmi Ganti Nama
Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Jakarta -

Sejumlah persiapan telah dilakukan untuk menunjang kegiatan balap di Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB). Persiapan itu di antaranya pembangunan beberapa infrastruktur yang mendukung kawasan tersebut.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer menyebut, infrastruktur itu salah satunya ialah jalan akses yang mempersingkat perjalanan dari bandara ke kawasan Mandalika.

"Pemerintah pusat juga memberikan dukungan bagi penyelenggaraan WSBK melalui kementerian dan BUMN. Dukungan tersebut antara lain adalah pembangunan jalan akses atau bypass dari Bandara Internasional Lombok ke Kawasan Mandalika oleh Kementerian PUPR yang meningkatkan waktu tempuh dari 30 menit menjadi hanya 15 menit," katanya dalam acara Penandatangan PKS Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi Sirkuit, Kamis (7/10/2021).

Selain itu, ada juga penambahan panjang landas pacu atau runway, peningkatkan (upgrade) kargo, apron, pelabaran taxiway, serta promosi di Bandara Internasional Lombok.

"Kemudian juga kami ucapkan terimakasih kepada PT Pelindo yang sudah mengembangkan fasilitas kargo dan cruise, dan juga PT PLN yang telah menambah kapasitas listrik di kawasan, dan terakhir PT Telkom yang sudah menambah infrastruktur telekomunikasi dan data untuk di dalam kawasan," katanya.

Tak hanya itu, Perum Damri juga menambah dan membuka rute baru untuk melayani sejumlah area di Mandalika.

Aspek kesehatan pun juga telah dipersiapkan. Dia mengatakan, jumlah yang divaksinasi mencapai 103%.

"Kami berterima kasih juga, kami sampaikan kepada tim vaksinasi COVID-19, yang dipimpin oleh Bapak Gubernur Nusa Tenggara Barat yang telah mencapai 70% dan tadi pagi kami di-update sudah mencapai 103%," katanya.

(acd/dna)