Begini Kalau Swasta Turun Tangan Benahi Aliran Sunga dari Kerusakan

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 14 Okt 2021 11:22 WIB
Kebun teh bukit menoreh Kulon Progo, Minggu (17/6/2018).
Foto: Eko Susanto/detikcom
Jakarta -

PT Adaro Indonesia yang diwakili oleh Direktur PT Adaro Indonesia - Priyadi melakukan serah terima hasil penanaman rehabilitasi DAS kepada Plt Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH) KLHK - Helmi Basalamah di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Adaro juga merupakan salah satu dari lima perusahaan yang ditunjuk untuk mendukung Project Strategis Nasional yaitu kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan pada wilayah-wilayah Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Dalam program ini Adaro akan melaksanakan rehabilitasi DAS seluas 512 Ha di area Menoreh, Kab Magelang Jawa Tengah.

Sementara itu, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya dan Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi Thohir menyaksikan acara tersebut secara virtual.

Garibaldi Thohir dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, khususnya Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sehingga Adaro sebagai pemegang IPPKH bisa menyerahkan hasil rehabilitasi DAS seluas 440.43 ha. Pulihnya vegetasi DAS ini sangat penting untuk membantu menjaga konservasi sumberdaya air sekaligus sebagai pencegah bencana banjir.

"PT Adaro Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang ditunjuk untuk melaksanakan rehabilitasi DAS seluas 512 Ha di area Menoreh, Kab Magelang Jawa Tengah, siap untuk mensukseskan kegiatan ini. Dengan niat baik ini semoga semuanya dimudahkan dan membawa berkah bagi kita semua."

Rehabilitasi DAS merupakan kewajiban dan menjadi komitmen bagi pemegang IPPKH. Di tengah pandemi pun Adaro memastikan rehabilitasi DAS tetap berjalan baik sebagai wujud komitmen kita bahwa perusahaan tidak hanya mengejar aspek keuntungan semata tetapi juga berupaya memberikan dampak baik ke lingkungan dengan memperbaiki lingkungan.

Selain itu, meningkatnya keterlibatan masyarakat dalam proses rehabilitasi DAS akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat sehingga membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

(upl/upl)