ADVERTISEMENT

Cekak Anggaran, Target Jalan Nasional 98% Mantap Terancam Mandek!

Siti Fatimah - detikFinance
Jumat, 15 Okt 2021 12:58 WIB
Hati-hati, Jalan Berlubang di Jalur Nasional Lamongan-Babat Rawan Laka
Foto: Eko Sudjarwo

Berdasarkan definisi Badan Pusat Statistik, kondisi mantap jalan nasional merupakan proporsi dari panjang jalan nasional yang memenuhi kategori kondisi baik dan sedang terhadap total panjang jalan nasional.

Kategori kondisi baik dan sedang yaitu kondisi jalan yang memiliki kerataan permukaan yang memadai bagi kendaraan untuk dapat dilalui oleh kendaraan dengan cepat, aman dan nyaman. Dimana angka Roughness Indeks IRI, di bawah 4 untuk kondisi baik dan di bawah 8 untuk kondisi sedang.

Pengukuran kondisi jalan ini menggunakan alat roughometer dengan satuan Internasional Roughness Indeks (IRI) yang menyatakan akumulasi naik turunnya muka jalan sepanjang 1 kilometer jalan (m/km).

kt target di akhir 2024 kan 98 itu yg kemungkinan berat utk tercapai. Karna ada backlog anggaran, uang ada tp ga sepenuhnya ada. Utk kpbu itu kan ada ruang fiskal nya karena nanti negara harus mengembalikan.

"Semoga ekonomi membaik pendapatan negara membaik tentu anggaran akan membaik, kalau ada uang, 98 oke nggak jadi masalah," pungkasnya.


(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT