Perputaran Uang di Superbike-MotoGP Mandalika Bisa Tembus Rp 500 M

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 19 Okt 2021 18:35 WIB
Indonesia akhirnya masuk dalam kalender balap sementara MotoGP 2022. Dalam kalender itu, Sirkuit Mandalika di NTB bakal jadi tuan rumah MotoGP pada awal musim.
Sirkuit Mandalika/Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Jakarta -

Balapan World Superbike (WSBK) dan FIM MotoGP World Championship (MotoGP) Seri Indonesia siap digelar di The Mandalika, Lombok, NTB. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengungkap nilai ekonomi dari gelaran itu akan mencapai Rp 500 miliar.

Tidak hanya itu, tenaga kerja hingga peningkatan produk UMKM diklaim juga akan terserap hingga ribuan pekerja.

"Serapan tenaga kerja kurang lebih sebesar 7.945 orang, peningkatan produk UMKM dengan penambahan tenaga kerja sebanyak paling tidak 3.000 orang," kata Direktur Keuangan, Strategi dan Manajemen Risiko ITDC Nugdha Achadie, dalam acara Official Logo Launching secara virtual, Selasa (19/10/2021).

Kunjungan wisata ke Lombok juga disebut akan meningkat signifikan hingga 19%. Kemudian, dikatakan juga akan meningkatkan country branding image Indonesia di mata internasional. Mengingat event di mana Superbike-MotoGP akan terekspos di 207 negara.

"Oleh karena itu, kami mohon doa dan dukungan semua pihak agar event balap motor berkelas dunia yang akan kita gelar di The Mandalika dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Moga-moga event ini menjadi kebangkitan Indonesia dalam menghadapi pandemi ini," ungkapnya.

Direktur Utama MGPA Ricky F. Baheramsjah menyampaikan, pihaknya juga membuka kesempatan bagi semua pihak yang ingin berkolaborasi dalam menyukseskan balap motor Superbike dan MotoGP maupun acara lainnya yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Berlanjut ke halaman berikutnya.



Simak Video "Simak! Jadwal Deretan Balap Internasional Bakal Digelar di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]