Sebut Jembatan Sei Alalak Bisa Bertahan 100 Tahun, Jokowi: Tahan Gempa!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 21 Okt 2021 17:18 WIB
Jokowi Groundbreaking Pembangunan Smelter PT Freeport di Gresik
Sebut Jembatan Sei Alalak Bisa Bertahan 100 Tahun, Jokowi: Tahan Gempa!
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan jembatan Sei Alalak di Kalimantan Selatan. Jembatan ini panjangnya 850 meter dan dibangun dengan dana sebesar Rp 278 miliar.

"Alhamdulillah Jembatan Sei Alalak telah rampung dan hari ini diresmikan dan segera bisa dimanfaatkan masyarakat," kata Jokowi dalam peresmian secara virtual, Kamis (21/10/2021).

Jokowi bilang Jembatan Sei Alalak ini akan menjadi jalur utama untuk akses dari kota Banjarmasin ke berbagai daerah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Hadirnya jembatan ini dapat menjadi solusi kemacetan usai jalan lingkar selatan rusak diterjang banjir.

"Jembatan ini memiliki fungsi penting sebagai jalur utama akses kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalsel dan Kalteng. Sekaligus juga mengatasi kemacetan usai jalan lingkar selatan rusak hancur diterjang banjir," ungkap Jokowi.

Dia menyebut jembatan yang satu ini dibangun dengan teknologi tinggi dan tahan gempa, sehingga diharapkan Jembatan Sei Alalak mampu bertahan sampai 100 tahun.

"Jembatan sepanjang 850 meter dibangun dengan dana Rp 278 miliar. Dibangun dengan teknologi tinggi dan tahan gempa. Mampu bertahan sampai 100 tahun," kata Jokowi.

Jokowi mengklaim jembatan ini akan kuatkan konektivitas antar wilayah di Kalimantan Selatan, perlancar arus transportasi antar daerah, efisienkan biaya logistik, dan dorong pertumbuhan ekonomi di daerah sekitarnya dan menciptakan sentra ekonomi baru.

"Saya berpesan agar jembatan ini dimanfaatkan dan membangkitkan kegiatan produktif masyarakat sehingga dampaknya bisa dirasakan rakyat kita," tutupnya.

Lihat juga video 'Begini Penampakan Jembatan 'Siluman' di Cianjur yang Bikin Warga Bingung':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/fdl)