Pukulan LRT Jabodebek: Biaya Bengkak Hingga Kecelakaan Saat Uji Coba

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 26 Okt 2021 17:15 WIB
Proyek LRT Jabodebek
Pukulan LRT Jabodebek: Biaya Bengkak Hingga Kecelakaan Uji Coba
Jakarta -

Proyek LRT Jabodebek jadi sorotan, proyek pembangunan kereta ringan yang menghubungkan 3 wilayah ini baru saja mengalami kecelakaan dalam uji coba. Rangkaian kereta LRT Jabodebek tabrakan saat melintas di kawasan Cibubur.

Kejadian ini pun memakan korban, satu orang masinis yang menguji coba kereta LRT mendapatkan luka berat dan dilarikan ke rumah sakit. Peristiwa ini menjadi ujian berat buat LRT Jabodebek yang sedang menyiapkan operasinya di pertengahan tahun depan.

Kini, nasib uji coba kereta LRT masih menunggu hasil investigasi dari berbagai pihak, mulai dari investigasi internal INKA, KNKT, hingga Kementerian Perhubungan.

Insiden ini menambah sederet masalah yang terjadi pada proyek yang satu ini. Beragam masalah sudah terjadi sejak 2015, tahun pertama proyek ini dibangun. Mulai dari pengerjaan yang molor dari target, hingga pembengkakan anggaran.

LRT Jabodebek sendiri masuk ke dalam kategori proyek strategis nasional (PSN), maka dari itu proyek yang satu ini cukup spesial dan diperhatikan langsung oleh pemerintah. Proyek ini dilandasi Perpres 49 tahun 2017.

Beberapa BUMN ikut serta dalam proyek ini, mulai dari PT Adhi Karya selaku kontraktor penyedia infrastruktur, PT INKA selaku penyedia kereta, PT KAI yang menyiapkan prasarana operasionalnya termasuk sistem ticketing, dan PT LEN selaku pihak yang mengatur persinyalan kereta.

Lanjut ke halaman berikutnya soal deretan masalah LRT Jabodebek.