Simak! 7 Fakta Tabrakan Kereta LRT Jabodebek di Cibubur

Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 27 Okt 2021 15:23 WIB
Kecelakaan terjadi saat rangkaian light rail transit (LRT) diujicobakan pada hari ini. Insiden itu terjadi di kawasan Munjul, Cibubur, Jakarta Timur (Jaktim).
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Belum lama ini sebuah tabrakan LRT terjadi di Cibubur, Jakarta Timur. Tabrakan itu melibatkan trainset 20 dan trainset 29 LRT Jabodebek di antara Stasiun Ciracas dan Stasiun Harjamukti.

Sebelumnya, kejadian tabrakan LRT Jabodebek terjadi pada Senin 25 Oktober pada pukul 13.00 WIB. Peristiwa tumburan LRT Jabodebek terjadi saat kereta selesai menjalani pengujian.

Tumburan tersebut melibatkan 2 rangkaian kereta LRT Jabodebek di antara petak stasiun Harjamukti - stasiun Ciracas jalur LRT Jabodebek. Ini merupakan bagian dari uji coba dan di ruas ini belum ada operasional LRT.

Berikut fakta-fakta terkait tabrakan kereta LRT Jabodetabek yang dirangkum oleh detik.com:

1. LRT Sedang Uji Coba

Damkar Jakarta Timur turut membantu proses evakuasi 2 gerbong LRT yang tabrakan di kawasan Munjul, Cibubur, Jakarta Timur. LRT yang terlibat kecelakaan itu disebutkan sedang uji coba.

"Karena informasi sedang uji coba. Katanya kosongan tuh kereta," kata Kepala Seksie Damkar Jaktim Gatot Sulaiman saat dihubungi detikcom, Senin (25/10/2021).

Gatot mengatakan pihaknya menerima laporan itu sekitar pukul 15.00 WIB. Laporan awal yang diterima pihaknya adalah terjadi tabrakan LRT.

SM PKBL, CSR & Relationship, PT INKA Bambang Ramadhiarto menuturkan terdapat satu rangkaian kereta akan langsir menumbuk rangkaian yang sedang stabling.

"Kereta dalam kondisi tidak berpenumpang," ujarnya.

2. Masinis Mengalami Luka Ringan

Rangkaian LRT tersebut kini ditutupi terpal. PT INKA menjelaskan masinis kereta light rail transit (LRT) yang tabrakan di Munjul, Cibubur, Jakarta Timur (Jaktim), mengalami luka ringan.

Dalam konferensi pers daring di YouTube PT INKA, Senin (25/10), PT INKA bersyukur atas kondisi masinisnya. Pihak PT INKA juga menyampaikan masinis dalam kondisi sadar saat dievakuasi dari tempat kejadian perkara (TKP).

"Masinisnya alhamdulillah tidak apa-apa. Ya luka ringan dan sekarang di rumah sakit. Masih sadar," kata Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro.

Lokasi kecelakaan LRT sendiri ada di atas Km 12 Tol Jagorawi. Bagian depan dari salah satu LRT terlihat mengangkat ke atas. Sedangkan tampak seorang petugas di atas rel LRT.



Simak Video "Momen Jokowi Jajal LRT Jabodebek: Keretanya Halus, Nyaman Sekali"
[Gambas:Video 20detik]