Terpopuler Sepekan

Tentang Rest Area 4.0 Pertama Khusus Truk yang Ditengok Tommy Soeharto

Yuda Febrian Silitonga - detikFinance
Minggu, 14 Nov 2021 22:15 WIB
Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto melaunching Rest Area 4.0 PT Bintang Baru Raya (BBR) Logistik di Karawang, Jabar. Launching ditandai dengan prosesi potong pita.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Selain itu, rest area ini juga akan dilengkapi dengan sistem IT untuk mengontrol keluar masuk truk, sehingga dapat terkoneksi dengan pengguna jasa truk untuk melakukan pendaftaran online.

"Kawasan rest area ini juga akan dilengkapi sistem keamanan modern untuk menjamin keamanan. Dengan adanya fasilitas tersebut, diharapkan dapat memberi nilai lebih pada kawasan industri, karena ditunjang dengan fasilitas atau sarana penting sebagai penunjang alur pendistribusian barang hasil industri maupun bahan baku industri," ungkapnya.

Bukan hanya itu, selain menyiapkan fasilitas parkir luas, rest area ini juga menyediakan Warehouse bagi mitra yang tergabung, dan juga memfasilitasi perusahaan atau pengusaha truk perseorangan yang tergabung dengan sistem manajemen transportasi.

"Secara teknis, Mandala Pratama rest area modern ini yang terintegrasi akan memberikan order muatan bagi pengusaha truk yang bergabung, dengan menerapkan sistem tagihan secara otomatis berdasarkan data order yang telah dicatat di sistem, sehingga supir dapat langsung melihat berapa nilai uang jalan dan pekerjaan yang ditetapkan oleh admin kantor melalui aplikasi Handphone. Kemudian, admin kantor akan mendapatkan dokumen tanda terima juga secara elektronik, sehingga bisa membuat tagihan tanpa menunggu mobil kembali," jelasnya.

Kemudian juga menerapkan sistem transparansi data, antara lain pengumpulan berbagai macam data kendaraan (data maintenance, utilisasi kendaraan, biaya-biaya operasional, laba atau rugi per kendaraan, dan metric kendaraan lainnya secara real-time), sehingga para pengusaha truk yang bergabung dapat melakukan maintenance dengan tepat.

Sementara itu, Direktur PT Mandala Pratama Permai Muhammad Saugi mengungkapkan dengan adanya terminal ini, tentunya bisa melengkapi sarana yang dibutuhkan kawasan industri, sehingga efisiensi akan lebih mudah dicapai.

"Dengan teknologi informasi, fasilitas angkutan akan menjadi lebih efisien dan semakin menjangkau wilayah yang lebih luas. Selain itu, PT. Mandala Pratama juga sedang melakukan pembangunan Pasar Induk untuk mendukung logistik pangan, serta pengolahan air untuk keperluan tenant kawasan industri," pungkas Saugi.

Dari pantauan detikcom, areal peresmian rest area berada tidak jauh dari lahan yang disita BLBI. Hingga berita ini dibuat, pada pukul 09.00 tampak para tamu sudah mulai berdatangan untuk menghadiri peresmian, kemudian beberapa spanduk juga terpasang di lahan yang akan dibangun rest area.

Sementara itu, tim keamanan kawasan industri PT Mandala Pratama Permai tengah mengatur arus masuk tamu dan mempersiapkan tempat parkir kendaraan untuk menyambut kedatangan Tommy Soeharto.


(aid/dna)