Mengenal Tol Serang-Panimbang yang Mau Diresmikan Jokowi

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
Selasa, 16 Nov 2021 08:54 WIB
Jakarta -

Tol Serang-Panimbang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Selasa (16/11/2021). Tol ini masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang nilai investasinya mencapai Rp 8,58 triliun melalui skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Yang akan diresmikan pertama adalah Seksi 1 dari Serang-Rangkasbitung dengan panjang 26,5 kilometer. Seksi 1 ini menghubungkan Serang dengan Kabupaten Lebak.

"Jika tidak ada halangan jalan tol ini akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tanggal 16 November 2021. Jalan Tol Serang-Panimbang ini terhubung langsung dengan jaringan tol Trans Jawa melalui Tol Tangerang-Merak," tulis Gubernur Banten Wahidin Halim di akun Instagram resminya sebagaimana dilihat detikcom, Selasa (16/11/2021).

Tol Serang-Panimbang sendiri memiliki bentangan panjang dari Serang hingga Panimbang di Kabupaten Pandeglang sejauh 83,67 kilometer. Tol ini melintasi 3 daerah yaitu Serang, Lebak dan Pandeglang.

Tol ini sendiri dibangun untuk pengembangan wilayah Banten di bagian selatan hingga meningkatkan potensi pariwisata di Pandeglang-Lebak termasuk wisata Tanjung Lesung.

Disarikan detikcom melalui website Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Seksi 1 Serang-Rangkasbitung memiliki panjang 26,5 kilometer, Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 kilometer, Seksi 3 Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer.

Seksi 2 dan Seksi 3 saat ini masih dalam proses konstruksi . Pemerintah menargetkan seluruh pembangunan Serang-Panimbang selesai dan beroperasi pada 2023.

(bri/fdl)