Jokowi Resmikan Tol Serang-Panimbang, Gubernur Banten Semringah

Bahtiar Rivai - detikFinance
Selasa, 16 Nov 2021 12:16 WIB
Serang -

Tol Serang-Panimbang khususnya Seksi 1 Serang-Rangkasbitung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan bahwa tol ini membuka potensi Banten lebih maju dan tidak terisolir.

"Selamat datang terima kasih bapak, selalu sehat. Dan kita Banten menjadi daerah maju dan tidak terisolir lagi sebagaimana yang bapak sampaikan ke saya," kata Wahidin di Rangkasbitung, Lebak, Selasa (16/11/2021).

Gubernur mengatakan bahwa sebelum ada Tol Serang-Panimbang, dari Jakarta menuju Rangkas bisa lebih dari satu jam. Namun dengan adanya tol ini bisa memotong waktu lebih singkat. Manfaat jalan tol ini juga luar biasa karena menghubungkan Jakarta, Kota Serang dan Kabupaten Serang.

"Ini memberikan manfaat luar biasa termasuk juga interaksi antara masyarakat Lebak, Jakarta dan Serang. Karena ini tol melewati Kota Serang, Serang dan Lebak," ujarnya.

Tapi, Wahidin sendiri berharap Seksi 2 dan 3 bisa diselesaikan segera oleh pemerintah. Karena itu jadi harapan dari warga khususnya di Pandeglang.

"Cuma yang terakhir kami mohon juga atas permintaan bupati dan masyarakat Banten agar 33 km lagi menuju Tanjung Lesung menuju Panimbang ini mungkin bisa dipercepat hingga harapan masyarakat bisa kita wujudkan," paparnya.

Karena jika tol ini tuntas hingga Panimbang, potensi pertanian hingga perikanan di Pandeglang bisa maju. Dan Banten bagian selatan juga bisa maju dan mendapatkan manfaat dari adanya Tol Serang-Panimbang.

"Apalagi di sana memang kita kenal produksi ikan dan sebagainya termasuk pertanian paling tidak ini memberikan rangsangan dan insentif bagi warga Pandeglang khususnya," kata Wahidin.

Seksi 1 Serang-Rangkasbitung memiliki panjang 26,5 kilometer. Total panjang Tol Serang-Panimbang adalah 83,67 kilometer.

(ang/ang)