Ini Dia Bor Raksasa MRT yang Bakal Bikin Terowongan HI-Harmoni

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 17 Nov 2021 11:58 WIB
Tunnel Boring Machine (TBM) CP201
Foto: Dok. Instagram @mrtjkt
Jakarta -

PT MRT Jakarta membeberkan penampakan mesin bor bawah tanah atau Tunnel Boring Machine (TBM) yang akan digunakan dalam proyek MRT Fase 2A CP 201 (HI-Harmoni). MRT Jakarta mengatakan mesin bor itu akan sampai di Jakarta bulan ini. Penampakan mesin bor ini diunggah pihak MRT melalui akun Instagram resmi @mrtjkt.

"Selanjutnya saat mesin ini sudah sampai akan dirakit kembali di TBM Shaft Bundaran HI sisi selatan Stasiun Thamrin," tulis keterangan tersebut, dikutip Rabu (17/11/2021).

Proyek ini memang menjadi salah satu proses pengembangan MRT Jakarta fase 2. Rencananya fase 2 itu akan sepanjang 11,8 kilometer dari kawasan Bundaran HI hingga Ancol Barat.

Fase 2 terdiri dari dua tahap, yaitu fase 2A dan fase 2B. Nah yang akan, dilalui mesin bor itu merupakan bagian dalam proyek fase 2A CP 201, di mana pembangunan untuk proyek MRT dari Thamrin hingga Monas.

Tunnel Boring Machine (TBM) CP201Tunnel Boring Machine (TBM) CP201 Foto: Dok. Instagram @mrtjkt

Per 25 Oktober 2021, perkembangan pembangunan fase 2A CP 20 telah mencapai 22,84%. Saat ini, pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan pengecoran, penggalian station box sebagai salah satu bagian dari konstruksi stasiun, penggalian gardu listrik induk (receiving substation), dan pemasangan besi base slab di shaft sisi selatan stasiun.

Sedangkan di Stasiun Thamrin dalam proses pembangunan D-Wall di area shaft mesin bor terowongan dan station box, pembangunan guide wall di area selatan stasiun.

Kemudian, juga pemasangan fasilitas pendukung operasional mesin bor terowongan di area utara stasiun Bundaran HI seperti dudukan mesin bor dan menyiapkan rangka pengeboran (cradle frame) di dinding area terowongan.

[Gambas:Instagram]



(eds/eds)