Jokowi Jamin Relokasi 2.000 Rumah Korban Terdampak Erupsi Semeru

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 07 Des 2021 17:24 WIB
Jokowi Tinjau Erupsi Semeru
Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi terdampak bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi mengambil tindakan prioritas bagi korban.

Jokowi menegaskan, penanganan tanggap darurat yang diprioritaskan meliputi pencarian korban, proses evakuasi serta ketersediaan logistik bagi masyarakat terdampak dan pengungsi. Selain itu, rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru pun turut menjadi prioritas

"Kita berharap semua sudah bisa dimulai, baik itu perbaikan infrastruktur maupun kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang kita perkirakan memang berbahaya untuk dihuni kembali," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Selasa (7/12/2021).

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, untuk tempat tinggal warga yang berada di lokasi bencana akan direlokasi ke tempat yang lebih aman. Dia menyampaikan, dari laporan yang diterima sekitar 2.000 rumah yang akan direlokasi.

"Segera kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan kita bangun kalau semua sudah siap," tegasnya.

Menanggapi arahan tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen Bina Marga) Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, pihaknya terlebih dahulu akan memastikan akses menuju lokasi bencana bisa dilalui untuk kendaraan logistik dan kebutuhan pengungsi.

"Tugas kami adalah mendukung upaya tanggap darurat, pembersihan, termasuk sarana dan prasarana juga sudah didistribusikan. Untuk relokasi warga kita menunggu lokasi yang aman dari Badan Geologi (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral)," kata Hedy.

Lanjut halaman berikutnya.