ADVERTISEMENT

Bandara YIA Sepi, Pemda: Bukan Karena Jauh, tapi Pandemi COVID-19

Heri Susanto - detikFinance
Kamis, 09 Des 2021 17:35 WIB
Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, terus merugi selama Pandemi COVID-19. Suasana Bandara YIA pun sepi. Ini Penampakannya.
Bandara YIA/Foto: Jalu Rahman Dewantara
Yogyakarta -

PT Angkasa Pura I (Persero) terlilit utang hingga Rp 32 triliun. Salah satu beban terberat AP I adalah Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo.

Bandara yang menghabiskan biaya pembangunan hampir Rp 12 triliun ini sepi penumpang imbas pandemi COVID-19. AP I juga diproyeksi rugi pada tahun ini Rp 3,24 triliun. dan di 2022 juga sebesar Rp 601 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan sepinya Bandara YIA hanya persoalan waktu saja. Sebab, sejak dibuka sampai saat ini, penerbangan terkendala dengan pandemi COVID-19.

"Ya kan persoalannya bencana COVID saja. Jadi bukan hanya lembaga atau OPD atau ASN yang tidak melakukan banyak perjalanan, tapi juga masyarakat umum tidak melakukan perjalanan," kata Aji, saat diwawancarai wartawan di Kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Kamis (9/12/2021).

Dengan tidak banyaknya penumpang, maka pergerakan pesawat menurun sehingga berdampak bagi operator Bandara YIA, yaitu AP I.

"(Pendapatan) dari pesawat yang berangkat yang datang termasuk pedagang-pedagang yang ada di jalan ya UMKM kita tidak seperti yang bisa bayangkan karena pengunjungnya sedikit," katanya.

Ia pun berharap, dengan pembatalan PPKM Level 3 saat Natal dan Tahun Baru 2022 bisa meningkatkan perjalanan udara dan berdampak terhadap Bandara YIA.

"Mudah-mudahan ini mula menggeliat perjalanan juga mulai banyak orang bahkan kita juga berharap nanti banyak direct flight dari luar negeri," tuturnya.

Ia meyakini, jika kondisi normal Bandara YIA tak akan sepi. Sebab, jika melihat jumlah penumpang di Bandara Adi Sucipto sudah melebihi kapasitas.

"Jarak diatasi kereta. Tinggal 45 menit sebentar lagi kita punya tol di sana. Jadi orang datang ke Yogya itu tidak datang ke Yogya bukan karena YIA jauh ya karena pandemi," katanya.

Lihat juga video 'Terdampak Pandemi, Pengelola Bandara YIA Minta Diskon Pajak':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT