Mantap! Tol Akses Bandara Kertajati Siap Dilewati

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 13 Des 2021 11:25 WIB
Tol akses bandaran Kertajati rampung, siap dioperasikan
Tol Akses Bandara Kertajati/Foto: Dok Astra Tol Cipali
Jakarta -

Jalan Tol akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka telah mendapatkan izin operasi dari pemerintah. Segera setelah itu, Tol akses Bandara Kertajati akan dioperasikan.

Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali Firdaus Azis menegaskan, itu artinya tol akses BIJB akan segera diresmikan dan dapat dilewati.

"Dalam waktu dekat jalan tol akses BIJB akan diresmikan dan beroperasi," tuturnya dikutip dari Antara, Senin (13/12/2021).

Dia menjelaskan, jalan tol akses BIJB Kertajati yang memiliki panjang 3,7 kilometer (km) terkoneksi dengan jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang dimulai dari KM 158+700.

Pembangunan akses tol ke BIJB sendiri telah selesai pada bulan September 2021. Setelah itu dilakukan uji laik fungsi dan operasi pada bulan Oktober 2021.

Firdaus mengatakan jalan tol akses BIJB Kertajati sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 1514/KPTS/M/2021 sebagai bagian dari jalan tol Cikopo-Palimanan.

Selain itu terdapat juga Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 1515/KPTS/M/2021 tentang penetapan golongan jenis kendaraan bermotor dan besaran tarif tol akses BIJB Kertajati yang diterbitkan pada tanggal 6 Desember 2021.

"Kami sudah mendapatkan surat pengoperasian jalan tol akses BIJB Kertajati dan penetapan tarifnya yang diterbitkan oleh Kementerian PUPR pada tanggal 6 Desember 2021," tuturnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Simak Video: Tol Cisumdawu, 'Jalan Pintas' Bandung ke Bandara Kertajati

[Gambas:Video 20detik]