Tol Akses Kertajati Dibuka, ke Bandara Tak Perlu Lagi Putar Jauh

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 13 Des 2021 13:56 WIB
Selangkah lagi, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati bakal bisa ditempuh penuh lewat jalan tol. Jalan akses langsung ke jalan tol ditargetkan selesai bulan September 2021.
Tol Bandara Kertajati/Foto: A.Prasetia/detikcom
Jakarta -

Jalan tol akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan segera diresmikan pada 20 Desember 2021. Dengan adanya Tol Akses Bandara Kertajati, pengguna yang ingin menuju BIJB Kertajati tak perlu memutar jauh.

Presiden Direktur Astra Tol Cipali Firdaus Azis menjelaskan, sebelumnya untuk menuju BIJB Kertajati harus keluar di pintu tol Kertajati lama dan melalui jalan biasa. Dari pintu tol itu menuju BIJB dibutuhkan waktu sekitar 20 menit.

"Kalau dari Subang sebelumnya keluarnya di Kertajati lama, itu jaraknya ke bandara 15-20 menit. Kalau ini langsung, 5 menit sampai," tuturnya saat dihubungi detikcom, Senin (13/12/2021).

Memang diakuinya penghematan waktunya tidak seberapa. Namun setidaknya masyarakat bisa mendapatkan akses langsung dari tol ke Bandara Kertajati.

Firdaus menjelaskan, penghematan waktu yang akan sangat besar ketika Tol Cisumdawu sudah selesai sepenuhnya. Jarak tempuh dari Bandung ke BIJB Kertajati akan terpangkas 50%.

"Kalau dari Bandung ke Kertajati biasanya sekitar 160-180 km, kalau dengan adanya Tol Cisumdawu mungkin hanya 60 km," terangnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.



Simak Video "Rencana Besar Bandara Kertajati: Punya Bengkel Pesawat-Cargo Village"
[Gambas:Video 20detik]