Dibuka 20 Desember, Tol Akses Bandara Kertajati Dibangun Cuma 1 Tahun

ADVERTISEMENT

Dibuka 20 Desember, Tol Akses Bandara Kertajati Dibangun Cuma 1 Tahun

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 13 Des 2021 14:39 WIB
Tol akses bandaran Kertajati rampung, siap dioperasikan
Tol Akses Bandara Kertajati/Foto: Dok Astra Tol Cipali
Jakarta -

Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan segera dibuka pada 20 Desember 2021 mendatang. Pembangunan Tol Akses Bandara Kertajati terbilang cepat.

Presiden Direktur Astra Tol Cipali Firdaus Azis menjelaskan proses pembangunan Tol Akses Bandara Kertajati sesuai dengan target yakni satu tahun.

"Pembangunannya satu tahun, kita groundbreaking September 2020, selesai di September 2021. Itu sesuai target," tuturnya kepada detikcom, Senin (13/12/2021).

Firdaus menegaskan cepatnya pembangunan lantaran prosesnya tidak menemukan kendala yang berarti. Menurutnya semua pihak terkait turut mendukung pembangunan Tol Akses Bandara Kertajati.

"Tidak ada kendala, alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Kita sangat di-support oleh Kementerian PUPR, dari BPJT, dari pemegang saham, dari lenders, dari kontraktor kita juga sangat bagus," terangnya.

Sekadar informasi, Tol Akses Bandara Kertajati memiliki panjang 3,7 kilometer (km) dan lebar lajur 3,6 meter. Tol ini merupakan salah satu akses menuju BIJB Kertajati. Tol ini akan terkoneksi dengan Jalan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) yang dimulai dari KM 158+700 dan memiliki 4 lajur untuk dua arah.

Pembangunan tol ini dimulai sejak groundbreaking September 2020 lalu, dilaksanakan oleh kontraktor PT Acset Indonusa Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. Proyek dengan nilai investasi Rp 692 miliar ini dioperasikan oleh BUJT PT ASTRA Tol Cipali, operator yang sama dengan tol Cipali.

Tol Akses Bandara Kertajati juga telah mendapatkan restu penetapan tarif lewat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 1515/KPTS/M/2021 tentang penetapan golongan jenis kendaraan bermotor dan besaran tarif tol akses BIJB Kertajati yang diterbitkan pada tanggal 6 Desember 2021.



Simak Video "Rencana Besar Bandara Kertajati: Punya Bengkel Pesawat-Cargo Village"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT