Jokowi Resmikan Bandara Ngloram Blora, Minta Runway Diperpanjang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 17 Des 2021 10:10 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Ngloram di Kabupaten Blora hari ini. Dengan diresmikannnya bandara tersebut, Jokowi mengatakan, bandara ini siap dimanfaatkan masyarakat.

"Alhamdulillah pada pagi hari ini kita bisa melihat Bandara Ngloram di Cepu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah telah selesai dan siap untuk dimanfaatkan masyarakat," katanya seperti disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (17/12/2021).

Jokowi menjelaskan, bandara ini memiliki landas pacu (runway) sepanjang 1.500 meter. Bandara ini bisa digunakan untuk pesawat jenis ATR.

"Bandara memiliki landas pacu runway sepanjang 1.500 meter sehingga bisa dipakai untuk pesawat ATR dan tadi Menteri Perhubungan sudah menyampaikan satu minggu sudah ada penerbangan dua kali dan selalu penuh," ujarnya.

Menurut Jokowi, apabila penerbangan terus penuh dan runway 1.500 meter tidak cukup, maka bisa diperpanjang menjadi 2.000 meter.

Lanjut Jokowi, adanya bandara ini diharapkan dapat mempercepat aktivitas ekonomi di wilayah tersebut. Kemudian, diharapkan mendorong investasi.

"Ini akan mempercepat aktivitas ekonomi baik itu di Kabupaten Blora, di Kabupaten Bojonegoro, di Kabupaten Tuban, di Kabupaten Ngawi, mungkin sebagian dari Purwodadi, dari Rembang, saya kira akan lebih dekat apabila ingin terbang lewat Bandara Ngloram ini," katanya.

"Dan kita harapkan aktivitas ekonomi semakin baik, investasi akan masuk ke Cepu, Bojonegoro semakin banyak distribusi barang dari daerah ke daerah, dari provinsi ke provinsi juga akan semakin meningkat dan semakin baik, mobilitas orang antar provinsi, antar pulau, antar kota, antar kabupaten semuanya akan bisa kita tingkatkan lebih baik," sambungnya.

(acd/ara)