Waskita Bakal Bangun Bandara Bali Utara

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jumat, 17 Des 2021 15:50 WIB
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/skyNext
Jakarta -

PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan PT BIBU Panji Sakti dalam rangka rencana pembangunan Bandara Internasional Bali Utara berikut fasilitas pendukung dan infrastruktur terkait pada Kamis (16/12/2021) kemarin di Kantor Waskita Karya, Jakarta.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Destiawan Soewardjono dengan Direktur Utama PT BIBU Panji Sakti, Erwanto Sad Adiatmoko Hariwibowo.

"Dengan adanya kerja sama antara Waskita Karya dan BIBU Panji Sakti dalam membangun Bandara Internasional Bali Utara ini, saya berharap akan tercipta sinergi untuk membangun proyek infrastruktur baru yang dapat meningkatkan efektivitas penerbangan dan pariwisata di Bali serta bermanfaat bagi masyarakat Indonesia," tutur Destiawan dalam keterangannya, Jumat (17/12/2021).

Menurut Destiawan, penandatanganan ini merupakan bentuk kepercayaan PT BIBU Panji Sakti terhadap perseroan. Seperti diketahui bahwa Waskita ahli di bidang konstruksi, properti, engineering procurement construction, dan investasi yang telah berpengalaman dalam menangani berbagai proyek pembangunan besar di dalam maupun luar negeri.

Sementara PT BIBU Panji Sakti adalah penggagas utama dari proyek pembangunan Bandara Internasional Bali Utara yang lokasinya di pesisir pantai (off shore) dan berada di wilayah Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Secara garis besar ruang lingkup kerja sama meliputi landas pacu (runway), landas hubung (taxiway), apron, terminal penumpang, gedung parkir, kargo, gedung administrasi. Pekerjaan pendukung lainnya, antara lain maintenance, repair, and overhaul (MRO) dan juga pekerjaan infrastruktur akses berupa ruas jalan dan lainnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.