Adhi Karya Bangun Jembatan yang Terputus Diterjang Lahar Semeru

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 17 Des 2021 20:15 WIB
Jembatan Terputus Diterjang Lahar Semeru
Foto: Dok. Adhi Karya
Jakarta -

Erupsi Gunung Semeru membuat daerah sekitar merasakan dampaknya. Salah satu kerusakan terparah terjadi pada jembatan yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang, yaitu Jembatan Besuk Kobo'an.

Jembatan ini menjadi penopang kehidupan para warga kaki gunung Semeru untuk berlalu lalang.

"Pada 1999, ADHI menorehkan karya nyata untuk daerah Lumajang, Jawa Timur, yakni sebuah Jembatan Besuk Kobo'an yang menjadi jalur utama antara dua kabupaten. Jembatan ini mungkin sederhana, namun begitu bermakna bagi para warga. Jembatan itu kini telah menyatu dengan debu yang dihasilkan oleh erupsi Gunung Semeru," ujar Corporate Secretary PT Adhi Karya(Persero) Tbk, Farid Budiyanto dalam keterangannya, Jumat (17/12/2021).

ADHI saat ini tengah berfokus untuk membersihkan berbagai puing-puing bangunan yang menutupi akses warga. Nantinya, ADHI kembali ditugaskan untuk menyambungkan dua kabupaten yang terdampak begitu parah akibat erupsi.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir juga mendorong BUMN untuk terlibat membantu meringankan warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Dalam kunjungannya ke Jawa Timur, Erick Thohir, menyerahkan bantuan berupa multivitamin, selimut, sarung, mukena, handuk hingga minyak goreng.

"Semoga bantuan ini dapat sedikit meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak erupsi," kata Erick saat mengunjungi korban erupsi Gunung Semeru, dalam keterangannya, Minggu (12/12/2021).

(acd/ara)