Rayakan Trans Jawa Tersambung, RI Kini Punya Hari Jalan

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 18 Des 2021 11:40 WIB
Larangan mudik Lebaran 2021 telah diberlakukan sejak Kamis (6/5) lalu. Di tengah larangan mudik, begini suasana di Tol Trans Jawa hingga Pelabuhan Merak.
Foto: Antara Foto
Jakarta -

Hari Jalan tepat diperingati pada tanggal 20 Desember 2021 mendatang. Peringatan tersebut sekaligus menjadi momentum hadirnya konektivitas jalan tol Trans Jawa sejak tahun 2018 silam yang tersambung dari Merak hingga Jawa Timur.

Peringatan hari jalan sekaligus menjadi refleksi tentang pembangunan jalan nasional, provinsi, maupun kabupaten yang sudah dikerjakan agar terus semakin lebih baik lagi ke depan bagi masyarakat.

Hal ini menjadi momentum untuk bersama-sama dalam meningkatkan semangat untuk membangun, menjaga, hingga memelihara infrastruktur jalan yang ada.

Hingga saat ini total Jalan Tol Operasi di Indonesia telah mencapai sepanjang 2.457 Kilometer dengan terbagi menjadi 64 ruas Jalan Tol dan 45 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang ada di Pulau Jawa, Pulau Bali, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, hingga Pulau Sulawesi.

Pembangunan infrastruktur jalan khususnya Jalan Tol memiliki peran penting sebagai "backbone" dalam pengembangan konektivitas antar wilayah di Indonesia.

Kehadiran konektivitas Jalan di Indonesia memiliki peran penting yang terhubung antar wilayah untuk kesejahteraan masyarakat.

Konektivitas tersebut berperan dalam memperlancar distribusi bahan pokok, mengurangi biaya logistik.

Menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, hingga membuka lapangan pekerjaan serta mengakselerasi nilai tambah bagi perekonomian rakyat.

(eds/eds)