ADVERTISEMENT

Progres Tol Cisumdawu Masih Terkendala Masalah Klasik

Nur Azis - detikFinance
Sabtu, 25 Des 2021 22:30 WIB
Foto udara proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa (21/12/2021). Satuan kerja Jalan Tol Cisumdawu berencana membuka secara fungsional ruas jalan seksi 1 (Cileunyi-Pamulihan) sebelum libur Natal 2021 dan Tahun Baru. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI

Sekadar diketahui, Pembangunan jalan tol Cisumdawu dibagi ke dalam 6 seksi, yakni seksi I (Cileunyi-Tanjungsari sepanjang 12.0 km), seksi II (Tanjungsari-Sumedang sepanjang 17.51 km), seksi III (Sumedang-Cimalaka sepanjang 3,73 km), seksi IV (Cimalaka-Legok sepanjang 6,96 km), seksi V (Legok-Ujungjaya 16,35 km) dan seksi VI (Ujungjaya-Kertajati 4.0 km).

Seksi I dan seksi II dikerjakan oleh Pemerintah Pusat. Sementara seksi III sampai seksi VI dikerjaka oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar.

Sebelumnya, Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) dipastikan tidak ada yang dibuka saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Pasalnya, saat ini masih ada pengerjaan di seksi I dan seksi II.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Tol Cisumdawu, Vidi Ferdian saat ditanya detikcom tentang progres tol Cisumdawu. "Belum bisa dibuka untuk Nataru," kata Vidi.

Vidi menjelaskan, progres tol Cisumdawu saat ini untuk di seksi 1 sedang dilakukan pengerjaan khususnya di interchange untuk menghubungkan dengan jalur yang telah beroperasi yakni tol Purbaleunyi.

"Pengerjaan sedang dilakukan di lokasi Interchange Cileunyi khususnya koneksi dengan jalan tol yang sudah beroperasi purbanleunyi," terang Vidi.


(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT