Sederet Masalah Klasik yang Bikin Tol Cisumdawu Batal Dibuka

ADVERTISEMENT

Sederet Masalah Klasik yang Bikin Tol Cisumdawu Batal Dibuka

Nur Azis - detikFinance
Senin, 20 Des 2021 23:05 WIB
Jelang dibukanya tol Cisumdawu awal 2022, pembangunan jalur gerbang exit tol Cisumdawu di kawasan Jatinangor, Sumedang masih berlangsung. Begini progresnya.
Foto: Nur Azis: Tol Cisumdawu batal dibuka akhir tahun ini
Sumedang -

Masih banyaknya persoalan yang harus diselesaikan menjadi penyebab kemungkinan batal dibukanya Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) pada akhir tahun ini. Terkait hal itu, Pemda Sumedang pun langsung menggelar rapat koordinasi bersama sejumlah pihak terkait.

Rapat tersebut dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Sumedang bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), Satuan Kerja Tol (Satkertol), Cisumdawu, Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan kemenag Provinsi.

Rapat tersebut berlangsung dari mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB di Gedung Negara, Kabupaten Sumedang, Senin (20/12/2021).

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, rapat koordinasi ini untuk menyamakan persepsi dan mengakselerasi beberapa persoalan yang harus segera diselesaikan dalam rangka menuntaskan pembangunan tol Cisumdawu.

"Intinya menyamakan derap dan langkah untuk mengentaskan beberapa persoalan yang harus dihadapi, menyamakan frekuensi untuk bersama-sama mengakselerasi mengatasi persoalan yang dihadapi dalam penyelesaian jalan tol ini," ungkap Dony kepada detikcom seusai rapat koordinasi tersebut.

Dony menyebutkan ada beberapa kesepakatan dalam menyelesaikan dan mengakselerasi persoalan yang belum selesai. Di antaranya, kata Dony, percepatan penyelesaian soal pembebasan lahan, penyelesaian soal tanah kas desa dan wakaf yang ikut terdampak dan penyelesaian terkait kawasan rawan longsor di Desa Sirnamulya dan Desa Mulyasari.

"Kemudian beberapa hal berkaitan dengan hukum pun di pihak kejaksaan dan pengadilan siap untuk memfasilitasi dan mengakselerasi sesuai dengan ketentuan yang ada," ujar Dony.

Dony mengungkapkan, Jajaran Forkopimda dan pihak terkait telah berkomitmen akan melakukan akselerasi dalam menyelesaikan segala persoalan agar pembangunan tol Cisundawu dapat segera selesai.

"Intinya Forkompimda bersama semua pihak terkait bersepakat akan mengakselerasi penyelesaian ini, supaya cepat selesai, sukses tanpa ekses," ucapnya.

Kira-kira kapan Tol Cisumdawu bisa dibuka? Klik halaman berikutnya

Simak juga Video: Sempat Unggah Foto Hoax Tol Cisumdawu, Ini Penjelasan Tjahjo

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT