Kilas Balik Bandara Halim Perdanakusuma yang Ditutup Pekan Depan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Minggu, 26 Des 2021 06:30 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma dikabarkan bakal ditutup. Diketahui, bandara ini jadi salah satu saksi bisu perkembangan kota Jakarta.
Potret jadul Bandara Halim Perdanakusuma: Dok. Tropenmuseum, part of the National Museum of World Cultures via Wikipedia.
Jakarta -

Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur mau ditutup pada 1 Januari 2022 untuk revitalisasi. Penutupan bandara merupakan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bahwa Bandara Halim akan ditutup mulai tanggal 1 Januari ini adalah perintah Bapak Presiden," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat acara Press Tour and Media Gathering di Gedung Ardhya Loka, Kompleks Halim Perdanakusuma, Cililitan, Jaktim, Rabu (22/12/2021).

Revitalisasi yang dilakukan meliputi perbaikan landas pacu (runway). Landas pacu dirasakan kurang baik.

"Runway-nya memang sudah usia tua dan tanah di sekitar Halim ini sedikit, bukan labil ya, saya kurang paham mengenai tanah, tapi yang jelas juga terjadi penurunan," imbuh dia.

Keselamatan Mengkhawatirkan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akhirnya buka suara terkait kabar penutupan Bandara Halim Perdanakusuma. Budi Karya mengatakan, rencana penutupan tersebut muncul karena ada inisiatif untuk melakukan revitalisasi Bandara.

Budi mengungkapkan, kondisi Bandara Halim Perdanakusuma sudah sangat mengkhawatirkan dari segi keselamatan. Setidaknya 30-40% landasan pacu (runway) pesawat bermasalah.

"Jadi memang ada inisiatif melakukan revitalisasi karena keselamatan di sana itu sangat mengkhawatirkan, terutama runway-nya sudah bermasalah kondisinya 30-40%," kata Budi Karya saat ditemui di sela-sela peresmian ruas jalan tol Serang-Rangkasbitung, Selasa (16/11/2021) lalu.

Sejarah Bandara Halim Perdanakusuma di halaman berikutnya.



Simak Video "Bandara Halim Tutup Sementara, Penerbangan Dipindah Ke 5 Bandara Ini"
[Gambas:Video 20detik]