Bandara Halim Tak Jadi Ditutup 1 Januari, Penerbangan Masih Normal

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 02 Jan 2022 12:14 WIB
Penerbang domestik selain mudik dibuka kembali bagi penumpang bersyarat. Meski dibuka lagi, suasana di Bandara Halim Perdanakusuma terpantau sepi pagi ini.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Bandara Halim Perdanakusuma belum ditutup. Awalnya, bandara di Jakarta Timur ini dikabarkan bakal tutup 1 Januari 2022 untuk melakukan revitalisasi. Namun, Kementerian Perhubungan menegaskan penutupan dan revitalisasi belum dilakukan sekarang karena masih menunggu Peraturan Presiden.

Juru bicara Kemenhub Adita Irawati menegaskan sampai saat ini Bandara Halim Perdanakusuma masih beroperasi dengan normal. Penerbangan komersial pun masih dilakukan.

"Saat ini operasional bandara Halim masih berjalan seperti biasa," ujar Adita kepada detikcom, Minggu (2/1/2022).

Senada dengan Adita, akun Instagram resmi Bandara Halim @halimperdanakusumaairport juga sempat memberikan pemberitahuan terkini soal penerbangan yang ada di Halim. Pihak bandara memastikan operasional penerbangan tetap berjalan normal hari ini.

"Untuk saat ini seluruh operasional penerbangan keberangkatan ataupun kedatangan melalui Bandara Halim Perdanakusuma masih beroperasi dengan normal," bunyi pemberitahuan yang diunggah lewat fitur story Instagram.

Pihak bandara menegaskan bila ada perubahan operasional keberangkatan atau kedatangan akan diinfokan oleh maskapai terkait maksimal H-1 mengenai update waktu dan keberangkatan ataupun kedatangan.

Selain itu, pihak bandara juga mengunggah jadwal keberangkatan dan kedatangan yang pada hari ini, Minggu 2 Januari 2022. Dua maskapai yang melayani penerbangan dari Halim hari ini adalah Citilink dengan kode penerbangan QG dan Batik Air dengan kode penerbangan ID.

Totalnya ada sekitar 21 keberangkatan pesawat dari dua maskapai di Halim hari ini. Maskapai akan berangkat ke berbagai daerah dari Halim, mulai dari Yogyakarta, Denpasar, Kualanamu, Malang, Silangit, Surabaya, Padang, Pekanbaru, Palembang, hingga Bandar Lampung. Keberangkatan itu dilakukan mulai dari pukul 06.00 hingga 17.55 WIB.

Kemudian ada 22 kedatangan pesawat di Halim hari ini dari dua maskapai yang ada. Kedatangan itu berasal dari Yogyakarta, Denpasar, Kualanamu, Malang, Silangit, Surabaya, Padang, Pekanbaru, Palembang, hingga Bandar Lampung. Mulai dari pukul 09.30 hingga 20.40 WIB.

Di lain pihak, maskapai Citilink juga menegaskan masih melakukan penerbangan dari Halim saat ini. Sampai hari ini semua penerbangan pun masih berjalan dengan normal. Masalah perpindahan penerbangan Citilink bila Halim ditutup masih dikordinasikan oleh maskapai dengan pihak-pihak terkait.

"Sampai saat ini penerbangan kita masih normal di Halim. Soal penutupan dan perpindahan penerbangan kami masih terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan menunggu informasi resminya," ujar VP Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia Diah Suryani kepada detikcom.



Simak Video "Bandara Halim Perdanakusuma Akan Ditutup?"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)