Tak Jadi Tutup 1 Januari, Naik Pesawat Masih Bisa dari Halim

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 03 Jan 2022 07:00 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma
Foto: Bandara Halim Perdanakusuma (Fuad Hasim/tim infografis detikcom)
Jakarta -

Penutupan Bandara Halim Perdanakusuma tidak jadi dilakukan pada 1 Januari 2022. Rencana penutupan akan dilakukan dalam rangka revitalisasi bandara yang ada di Jakarta Timur itu.

Kementerian Perhubungan menegaskan saat ini penutupan bandara yang disertai revitalisasi belum dilakukan. Penutupan baru bisa dilakukan jika Peraturan Presiden yang mendasari proyek revitalisasi sudah terbit.

Juru bicara Kemenhub Adita Irawati pun menegaskan operasional bandara Halim masih berjalan seperti biasa sampai hari ini.

"Revitalisasi Halim akan dimulai jika Perpres sudah terbit. Saat ini operasional bandara Halim masih berjalan seperti biasa," ujar Adita kepada detikcom, Minggu (2/1/2022).

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyebut per 1 Januari mendatang Halim akan ditutup untuk revitalisasi. Fadjar menyatakan penutupan yang disertai revitalisasi ini adalah perintah langsung Presiden Joko Widodo.

"Bahwa Bandara Halim akan ditutup mulai tanggal 1 Januari ini adalah perintah Bapak Presiden," kata Fadjar saat acara Press Tour and Media Gathering di Gedung Ardhya Loka, Kompleks Halim Perdanakusuma, Cililitan, Jaktim, Rabu (22/12/2021).

Adapun revitalisasi sendiri akan dilakukan karena kondisi bandara yang sudah sangat memprihatinkan. Khususnya pada bagian runway atau landasan pacu bandara. Fadjar mengatakan Presiden Jokowi telah merasakan sendiri kasarnya permukaan runway di Halim Perdanakusuma.

"Karena Pak Presiden merasakan betul runway-nya sudah kasar. Bapak-bapak mungkin yang naik pesawat dari Halim merasa berbeda. Oleh karena itu beliau memerintahkan untuk merevitalisasi, utamanya runway," ucap Fadjar.

Fadjar juga mengatakan runway Halim pun sudah sangat tua usianya. Bahkan tanah di sekitar bandara pun nampaknya sudah mengalami penurunan.

"Runway-nya memang sudah usia tua dan tanah di sekitar Halim ini sedikit, bukan labil ya, saya kurang paham mengenai tanah, tapi yang jelas juga terjadi penurunan," imbuh Fadjar.

Yang perlu diketahui juga adalah sampai saat ini operasional penerbangan masih dilakukan dengan normal di Halim. Baik untuk keberangkatan maupun kedatangan, penumpang masih bisa terbang dari Halim.

Akun Instagram resmi Bandara Halim @halimperdanakusumaairport juga sempat memberikan pemberitahuan terkini soal penerbangan yang ada di Halim. Pihak bandara memastikan operasional penerbangan tetap berjalan normal. Pemberitahuan itu diberikan pada siang kemarin.

"Untuk saat ini seluruh operasional penerbangan keberangkatan ataupun kedatangan melalui Bandara Halim Perdanakusuma masih beroperasi dengan normal," bunyi pemberitahuan yang diunggah lewat fitur story Instagram.

Pihak bandara menegaskan bila ada perubahan operasional keberangkatan atau kedatangan akan diinfokan oleh maskapai terkait maksimal H-1 mengenai update waktu dan keberangkatan ataupun kedatangan.

Pihak bandara juga memaparkan jadwal keberangkatan dan kedatangan penerbangan berjadwal yang dilakukan pada Minggu 2 Januari 2022. Setidaknya ada maskapai berjadwal yang melayani penerbangan dari Halim adalah Citilink dengan kode penerbangan QG dan Batik Air dengan kode penerbangan ID.

Totalnya ada sekitar 21 keberangkatan pesawat dari dua maskapai di Halim. Maskapai akan berangkat ke berbagai daerah dari Halim, mulai dari Yogyakarta, Denpasar, Kualanamu, Malang, Silangit, Surabaya, Padang, Pekanbaru, Palembang, hingga Bandar Lampung. Keberangkatan itu dilakukan mulai dari pukul 06.00 hingga 17.55 WIB.

Kemudian ada 22 kedatangan pesawat di Halim dari dua maskapai yang ada. Kedatangan itu berasal dari Yogyakarta, Denpasar, Kualanamu, Malang, Silangit, Surabaya, Padang, Pekanbaru, Palembang, hingga Bandar Lampung. Mulai dari pukul 09.30 hingga 20.40 WIB.

Sementara itu, dilansir dari website resmi bandara Halim Perdanakusuma masih ada beberapa maskapai lainnya yang juga terbang ataupun mendarat di Halim.

Mulai dari Trigana Air Service, Virgin Express, Pelita Air Service, Sriwijaya Airlines, hingga NAM Air. Rute yang diterbangi mulai dari Gorontalo, Matak, Dumai, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, dan lain sebagainya.



Simak Video "Kemenhub: Bandara Halim Masih Beroperasi, Penerbangan Komersial Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/das)