Resmikan Bendungan Randugunting, Jokowi: Kunci Ketahanan Pangan Air!

Febrian Chandra - detikFinance
Rabu, 05 Jan 2022 15:26 WIB
Blora -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Randugunting di Blora, Jawa Tengah. Tiba di lokasi, di Kecamatan Japah, Kabupaten Blora Presiden Joko Widodo menyempatkan untuk menebar bibit ikan.

Dalam pidatonya Jokowi mengatakan Bendungan Randugunting dapat menampung 14,42 juta meter kubik. Selain itu, bendungan ini dapat mengaliri 650 hektare sawah yang berada di Kabupaten Blora, Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang.

"Saya berharap dengan terselesaikan waduk Randugunting di Blora ketahanan pangan kita semakin baik. Kemandirian pangan semakin baik. Kunci dari ketahanan pangan adalah air, dan air itu akan ada kalau kita memiliki waduk sebanyak-banyaknya," kata Jokowi dalam pidatonya.

Dia berharap dengan terselesaikan bendungan Randugunting juga menambah daya tarik pariwisata untuk Kabupaten Blora dan sekitarnya.

"Yang terakhir, kita harapkan juga waduk ini (Randugunting) bisa menjadi tempat pariwisata yang sangat baik untuk Kabupaten Blora dan masyarakat disekitar Kabupaten Blora. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan dengan mengucapkan Bismillaahirrohmaanirrohiim waduk Randugunting di Kabupaten Blora di Provinsi Jawa Tengah pada siang hari ini saya nyatakan diresmikan," katanya.

Usai berpidato Jokowi menyempatkan berdialog dengan petani dan warga lokal. Setelah itu dilanjutkan menanam pohon yang didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Bupati Blora, Arif Rohman.

Jokowi juga menyempatkan menyapa warga yang menerima bantuan sembako, dan kemudian menandatangani prasasti peresmian.

Halaman berikutnya tentang Bendungan Randugunting. Langsung klik