ADVERTISEMENT

Mau ke Pangandaran Lewat Tol? Sabar... Baru Kelar 2029

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kamis, 06 Jan 2022 14:36 WIB
Foto udara gerbang keluar Jalan Tol Purbaleunyi di KM 149, Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/12/2021). Pemerintah Kota Bandung melayangkan surat kepada Kementerian PUPR untuk membuka gerbang Tol Gedebage KM 149 sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan kawasan Bandung Timur. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap bakal membuat waktu tempuh menuju ke Pangandaran lebih cepat. Tol sepanjang 206 km ini adalah jalan bebas hambatan terdekat menuju ke Pangandaran.

Kapan kita bisa melewati jalan tol ini?

Sabar dulu, rencananya tol ini akan mulai dibangun tahun ini. Penetapan pemenang lelangnya sendiri baru saja ditetapkan oleh Menteri PUPR, terdiri dari konsorsium yang beranggotakan PT Jasa Marga (32,5%), kemitraan PT Daya Mulia Turangga-PT Gama Group-PT Jasa Sarana (27,5%), PT Waskita Karya (20%), PT PP (10%), dan PT Wijaya Karya (10%).

Pembangunan tol akan dibagi jadi dua tahap. Tahap pertama dari Gedebage ke Tasikmalaya mulai 2022 sampai 2024, dan tahap kedua dari Tasikmalaya ke Cilacap dari 2027 sampai 2029.

"Dengan adanya jeda schedule konstruksi tersebut sehingga financial close untuk investasi ruas tol ini dapat dilakukan 2 kali yakni kebutuhan ruas Gedebage-Tasikmalaya terlebih dahulu kemudian Tasikmalaya-Cilacap," kata Anggota BPJT Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi dalam keterangannya, dikutip Kamis (6/1/2022).

Berdasarkan simpang susun yang akan dibangun di proyek ini, tol Gedebage-Cilacap akan melewati sejumlah daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Di antaranya Majalaya, Nagrek, Garut, Singaparna, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Patimuan, dan Cilacap.

Dengan panjang tol 206,65 km dan asumsi kecepatan berkendara di tol 80 km/jam, maka Gedebage ke Cilacap dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 jam. Karena rutenya yang melewati jalur selatan, maka perjalanan menuju Pangandaran bisa lebih cepat.

Patimuan menjadi titik simpang susun terdekat menuju Pangandaran. Sementara perjalanan dari Patimuan menuju Pangandaran bisa ditempuh sekitar 50 menit lagi.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT