ADVERTISEMENT

Mau ke Ibu Kota Baru RI? Begini Kondisi Jalannya dari Balikpapan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 07 Jan 2022 07:53 WIB
Perjalanan Menuju Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur
Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom
Penajam Paser Utara -

Kalimantan Timur bakal jadi Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia. Rencana ini kemungkinan mulai dilakukan pada 2024.

Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi salah satu wilayah yang bakal jadi IKN. detikcom berkunjung ke wilayah IKN, Kamis (6/1/2022), perjalanan menuju IKN dimulai dari Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dari pusat kota Balikpapan menuju IKN baru membutuhkan waktu yang lumayan lama. Melalui Tol Banjarmasin-Samarinda, waktu yang dibutuhkan sekitar dua jam ke IKN.

Perjalanan ditempuh mulai pukul 9.30 WITA dari kota Balikpapan melalui Tol Balikpapan-Samarinda. Masuknya di Gerbang Tol Manggar, sekitar 20 menit dari tengah kota Balikpapan.

Perjalanan melalui jalan tol ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai keluar di Gerbang Tol Samboja. Perjalanan kemudian dilanjutkan lewat Jalan Akses Samboja-Sepaku untuk menuju Penajam Paser Utara.

Jalan yang dilalui cukup mulus, kabarnya baru dipugar setelah IKN diumumkan akan berada di Kalimantan Timur. Bentuknya berupa jalan beton yang diaspal. Meski mulus, jalan akses tersebut cukup sempit, hanya berupa dua jalur bolak-balik.

Setiap jalur hanya cukup untuk satu mobil, otomatis bila ada truk atau kendaraan besar lainnya di depan kendaraan yang sedang ditumpangi akan menyita waktu.

Meski begitu, dari pantauan detikcom di Jalan Akses Samboja-Sepaku intensitas kendaraannya tidak terlalu ramai. Nah, yang mencolok adalah di samping kanan kiri jalan tersebut adalah hutan. Bahkan, tak jarang di beberapa sisi jalan ditemui ada monyet yang keluar dari hutan.

Lanjut halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT