Tol Cisumdawu Operasi Juni, Ridwan Kamil: Tak Ada Alasan Kertajati Sepi

Antara - detikFinance
Senin, 10 Jan 2022 15:34 WIB
Foto udara proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa (21/12/2021). Satuan kerja Jalan Tol Cisumdawu berencana membuka secara fungsional ruas jalan seksi 1 (Cileunyi-Pamulihan) sebelum libur Natal 2021 dan Tahun Baru. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Foto udara proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa (21/12/2021)/Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu) bisa beroperasi pada Juni 2022. Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil apabila sejumlah permasalahan seperti pembebasan lahan untuk perluasan wilayahnya telah tuntas.

"Sehingga kalau laporan dari kontraktor dan semuanya, merasa bisa menyelesaikan dengan sempurna itu maka dioperasi pada bulan Juni tahun 2022 ini," kata Ridwan Kamil usai meninjau pengerjaan Jalan Tol Cisumdawu di Kantor Satuan Kerja Tol Cisumdawu di Jatinangor, Kabupaten Sumedang dikutip dari Antara, Senin (10/1/2022).

Menurut Ridwan Kamil, secara keseluruhan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sudah di atas 90% dan pada akhir Januari 2022 ada sebagian seksi jalan tol tersebut akan dibuka untuk umum.

"Kemudian ada bencana sedikit longsoran-longsoran yang harus diteliti ulang desainnya. Itu sedang ditangani. Kemudian masih ada juga pembebasan lahan yang harus dilakukan, tapi sifatnya perluasan wilayahnya saja bukan jalur utamanya," kata dia.

Dia berharap rencana kerja yang telah disiapkan oleh satuan kerja (satker) dalam mengerjakan Jalan Tol Cisumdawu tersebut bisa tepat waktu sehingga pada tahun ini jalan tol ini bisa tembus ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka.

"Kalau jalan tol ini sudah tembus Kertajati harusnya tidak ada alasan lagi Bandara Kertajati sepi. Itu karena waktu tempuh Bandung ke sana bisa 40 menit," kata dia.

Ridwan Kamil juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang telah berkomitmen untuk mendorong percepatan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu.

"Inilah tahun optimis, tahun 2022 ini menjadi tahun kebangkitan ekonomi kita. Karena ada dua peristiwa besar yakni salah satunya infrastruktur Cisumdawu dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga beres tahun ini," kata Ridwan Kamil.

(ara/eds)