Viral Akses Jalan Pekerja Rest Area Tol Tak Layak, PUPR Buka Suara

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 14 Jan 2022 14:09 WIB
Rest area di Tol Trans Jawa membuat persepsi sejumlah orang. Salah satunya fasilitas rest area yang dinilai membedakan antara sopir truk dan kendaraan umum.
Ilustrasi Rest Area/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) angkat bicara soal video viral yang menunjukkan akses jalan yang memprihatinkan harus ditempuh pekerja rest area di tol. Katanya tidak semua pekerja mengalami hal itu.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan pihaknya sudah meminta operator rest area untuk menyediakan akses yang layak bagi pekerja menuju lokasi.

"Silakan di cek saja rest area yang lain, tapi setahu kami kita meminta BUJT dan operator rest area untuk menyediakan akses yang layak bagi karyawan TIP (tempat istirahat dan pelayanan)/rest area," kata Danang kepada detikcom, Jumat (14/1/2022).

Danang mengaku akan mencari tahu lokasi video yang viral tersebut untuk kemudian memperingatkan kepada badan usaha jalan tol terkait agar ada akses jalan yang layak bagi pekerja di rest area. "Nanti kami cek lagi video viral tersebut di ruas tol mana," imbuhnya.

Pembelaan lainnya juga disampaikan oleh admin Kementerian PUPR di Twitter. Pihaknya menyayangkan video viral tersebut karena terkesan menggiring opini bahwa seolah semua pekerja di rest area harus menempuh akses jalan yang memprihatinkan untuk sampai lokasi kerja.

"Menurut mimin video ini tidak memberikan gambaran utuh & terkesan menggiring opini seolah semua rest area kondisinya seperti ini," tulisnya.

Padahal, katanya, banyak rest area yang juga menyediakan fasilitas antar jemput bagi pekerja. "Atau memiliki akses ke jalan permukiman di dekatnya," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, viral video di media sosial menunjukkan sebuah akses jalan memprihatinkan yang harus ditempuh oleh pekerja rest area di tol. Terlihat hanya ada jalan setapak yang bisa dilewati untuk mencapai lokasi.

"Banyak yang belum tau kan kalo yang kerja di rest area tuh jalannya lewat mana? Ini kalo habis hujan ya jalan becek licin karena ini dari tanah yang diarug pake batu bekas aspal gitu. Banyak genangan air yang menyedihkan," kata video yang dibagikan akun @*i*nudon.

(aid/ara)