Begini Kondisi Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Ada Tanah Lempung

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 17 Jan 2022 13:55 WIB
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Ada Tanah Lempung
Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom
Purwakarta -

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung terus dikebut. Dalam perjalanannya, proyek ini menghadapi sejumlah tantangan salah satunya pada pembangunan tunnel 2 atau terowongan yang terletak di Desa Bunder, Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Tantangan dalam pembangunan terowongan karena pada titik ini terdapat tanah lunak atau lempung yang sulit ditembus. detikcom berkesempatan untuk melihat langsung ke lokasi, Senin (17/1). Berdasarkan pantauan, tampak terowongan ini menembus bukit yang cukup tinggi.

Sebagian terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung tampak sudah jadi. Terowongan ini tampak kokoh dengan ukuran yang cukup lebar.

Terowongan yang sudah ditembus cukup dalam. Sepanjang terowongan tampak juga semacam saluran mirip selang dengan ukuran yang besar. Selain itu, alat berat juga masih tampak di dalamnya.

Pembangunan juga terlihat di sekitar terowongan. Tak jauh terowongan, tampak juga pilar-pilar yang terhubung dengan terowongan tersebut.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meninjau pembangunan terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Jokowi akan ke terowongan usai memberikan pengarahan pada Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pedagang kaki lima dan warung.

(acd/ara)