Akui Proyek Kereta Cepat Ada Masalah, Jokowi: Agak Lambat Karena Jenis Tanah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 17 Jan 2022 15:24 WIB
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Ada Tanah Lempung
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung/Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom
Purwakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Purwakarta siang ini. Kehadiran Jokowi untuk melihat langsung pembangunan tunnel 2 atau terowongan yang sebelumnya dikabarkan terkendala karena melewati tanah lunak atau lempung.

Jokowi tiba di lokasi proyek yakni Desa Bunder, Jatiluhur, Puwakarta, Jawa Barat sekitar pukul 13.50 WIB. Ia ditemani Sekretaris Kabinet Pramono Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Setibanya di lokasi, Jokowi mendapat penjelasan terkait progres Kereta Cepat Jakarta Bandung dari Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC)Dwiyana Slamet Riyadi. Setelah itu, Jokowi masuk ke terowongan.

Dalam arahannya, Jokowi mengatakan, masalah di tunnel 2 mesti diselesaikan.

"Utamanya di terowongan 2 yang memang di sini ada masalah yang harus kita selesaikan. Masalah teknis yang harus kita selesaikan," katanya di lokasi proyek, Senin (17/1/2022).

Berdasarkan keterangan sejumlah pihak, Jokowi mengatakan, terowongan ini berjalan agak lambat karena kondisi tanah di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang perlu dikerjakan dengan hati-hati.

"Bahwa terowongan kedua ini memang berjalannya agak lambat karena memang jenis tanah yang ada di sini memang memerlukan kerja yang penuh kehati-hatian," ujarnya.

(acd/ara)