Jokowi Ungkap Operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mundur ke Juni 2023

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 17 Jan 2022 15:29 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Purwakarta Senin (17/1).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Purwakarta Senin (17/1)/Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan beroperasi pada Juni 2023. Ini berarti target operasional kereta tersebut mundur dari rencana Desember 2022.

Jokowi mengatakan, proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung saat ini telah mencapai 79,9%.

"Sampai saat ini secara keseluruhan Kereta Cepat Jakarta Bandung telah diselesaikan 79,9%," kata Jokowi saat meninjau tunnel 2 di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (17/1/2022).

Jokowi berharap, kereta ini dapat uji coba di akhir 2022. Kemudian, kereta tersebut operasi Juni 2023.

"Yang kita harapkan nantinya di akhir tahun 2022 ini sudah bisa di uji coba dan kemudian pada bulan Juni 2023 bisa kita operasionalkan," katanya.

Jokowi berharap, Kereta Cepat Jakarta Bandung dapat mengurai kemacetan. Kemudian, kereta tersebut dapat mendorong daya saing negara.

"Harapan kita dengan selesainya Kereta Cepat Jakarta Bandung ini akan mengurangi kemacetan baik yang ada di Jakarta maupun yang ada di Bandung, juga mempercepat mobilitas orang dan juga barang. Dan kita harapkan ini menjadi sebuah daya saing yang baik bagi negara kita," katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, Kereta Cepat Jakarta Bandung akan operasi Desember 2022.

"COD (commercial operation date) Desember 2022 sesuai yang menjadi target dari pemerintah. Kami berusaha semaksimal mungkin di tengah kendala yang ada," katanya di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (29/12/2021).

(acd/ara)