Sisa 3 Terowongan Proyek Kereta Cepat yang Belum Tembus, Kapan Selesai?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 17 Jan 2022 17:12 WIB
Pembangunan terowongan kereta cepat Jakarta-Bandung
Terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung/Foto: Dok. PT KCIC
Jakarta -

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung masih menyisakan tiga terowongan yang belum selesai. Ketiga terowongan ini ditargetkan rampung pada April 2022.

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, terowongan yang belum selesai yakni tunnel 2, 4, dan 6.

"Kalau kita lihat konstruksi tunnel dari total 13 tunnel, izin bapak, sudah 10 selesai. Tinggal tunnel 2,4 dan 6. Ada tiga tunnel yang masih belum selesai," katanya di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Kabupaten Purwakarta, Senin (17/1/2022).

Dia mengatakan, tiga terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung berkaitan dengan tanah lunak clay shale. Meski demikian, sudah ada solusi untuk terowongan-terowongan tersebut.

Khusus tunnel 2 memang pada titik tertentu sangat 'galak'. Hal ini mengakibatkan terjadinya beberapa kali longsor. Kondisi itu membuat pada saat tertentu progresnya minus.

"Alhamdulillah mulai bulan ini sudah bisa kita lakukan penggalian secara normal kembali. Per hari 1,2 meter bisa kita selesaikan. Dan itu sudah normal, kita harapkan tunnel 2 bisa selesai di bulan April. Tunnel 6 bisa kita selesaikan bulan depan," katanya.

Dia menambahkan, untuk ketiga terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang belum rampung ini akan selesai April. "Jadi total 3 tunnel itu selesai bulan April," ujarnya.

(acd/ara)