Ada Tol Bawah Laut Nyambung ke Ibu Kota Nusantara, Begini Rutenya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 19 Jan 2022 17:16 WIB
Pasca Lebaran, proyek pembangunan sejumlah ruas tol kembali bergeliat. Salah satunya proyel pembangunan Tol Becakayu Seksi 2A.
Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Ibu kota negara (IKN) Nusantara akan terhubung dengan jalan tol baru. Menariknya, tol yang baru ini dilengkapi terowongan yang menembus laut.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Danis Sumadilaga menjelaskan, tol ini memiliki panjang 47 kilometer (km). Tol ini menghubungkan Sepinggan dengan IKN.

Dari Sepinggan ke IKN akan melewati Teluk Balikpapan. Rencananya, tol ini didesain melewati teluk itu melalui terowongan di bawah laut.

"Mungkin kita sedang mendesain itu juga melewati Teluk Balikpapan melalui terowongan bawah laut," ujarnya kepada detikcom, Rabu (19/1/2022).

Dia mengatakan, memang ada beberapa pilihan untuk melewati teluk. Bisa melalui jembatan, bisa juga melalui terowongan atau tunnel. Pihaknya saat ini mempertimbangkan terowongan bawah laut.

"Kita punya pilihan, menyeberangi Teluk Balikpapan bisa dengan jembatan, bisa juga dengan tunnel. Kita sedang mempertimbangkan pilihannya menggunakan immersed tunnel. Tunnel di bawah laut," terangnya.

Panjang terowongan diperkirakan 1-1,5 km. Saat ini, pihaknya sedang mempelajari pemanfaatan terowongan ini dari beberapa negara.

"Kalau jalan tolnya 47 km, kalau panjang tunnel-nya mungkin 1-1,5 km tergantung nanti kita sedang mempelajari. Sudah banyak, sedang kita pelajari referensinya dari beberapa negara," sambungnya.

Simak Video: UU IKN Disahkan-Ibu Kota Baru Bernama Nusantara

[Gambas:Video 20detik]



(acd/ara)