Cek Jalan Tol Trans Sumatera, Basuki Minta Perbaikan Kelar April

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 21 Jan 2022 23:26 WIB
Basuki Hadimuljono merapat ke Istana (Andhika Prasetia/detikcom)
Foto: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Andhika Prasetia/detikcom)

Sehari sebelumnya, rangkaian kegiatan tinjauan perbaikan dan peningkatan SPM di ruas tol Jalan Tol Trans Sumatera juga dilakukan oleh Hutama Karya bersama dengan beberapa rekan media nasional dan
lokal. Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro yang ikut serta dalam kunjungan ini mengatakan bahwa pemeliharaan di JTTS sangat diperhatikan oleh perusahaan dalam
mengelola jalan tol.

"Saat kami melintas ini kondisi Tol Bakter dan Tol Terpeka sudah cukup baik dengan minimnya lubang yang ditemui. Hal ini karena dari sisi pemeliharaan dan perbaikan secara rutin kami lakukan dengan teknis perbaikan dan periode yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan perbaikannya. Biasanya pengaspalan dilakukan apabila terjadi pothole atau lubang karena perbaikan ini cenderung lebih cepat pengerjaannya. Perbaikan menggunakan aspal dengan alat Cold Milling Machine (CMM) memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan perbaikan biasa," ujar Koentjoro dalam keterangan tertulis Hutama Karya, Jumat (21/1/2022)

Dia menambahkan untuk kerusakan perkerasan jalan yang cukup dalam diperlukan perbaikan dengan SFO (Scrapping, Filling dan Overlay). Perusahaan juga melakukan perbaikan rekonstruksi beton rigid pada kondisi jalan yang kerusakan perkerasannya cukup parah. Perbaikan jalan ini menjadi salah fokus perusahaan dalam peningkatan SPM dan juga fokus perusahaan.

"JTTS memiliki karakteristik jalan yang cukup berbeda dengan kondisi tanah yang berbedabeda pula sehingga diperlukan metode teknik perbaikan yang sesuai dengan masing-masing kondisi tanah tersebut. Karena JTTS dibangun di wilayah yang cukup unik, ada yang di atas rawa bahkan lahan gambut, sehingga perlu penanganan ekstra dalam pemeliharaan jalannya, agar lebih maksimal dan sesuai dengan perkerasan awal," imbuhnya.


(das/hns)