Tol Cisumdawu Seksi I Beroperasi Sore Ini, Begini Kondisinya

Nur Azis - detikFinance
Senin, 24 Jan 2022 11:12 WIB
Tol Cisumdawu
Tol Cisumdawu/Foto: Nur Azis
Sumedang -

Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi I Ruas Cileunyi-Rancakalong rencananya akan dioperasikan hari ini, Senin (24/1/2022). Pengoperasian akan dilaksanakan pukul 15.00 WIB.

Dari pantauan detikcom di pintu masuk/exit tol di kawasan Pamulihan sekitar 08.30 WIB, akses menuju pintu tol tersebut masih tampak ditutupi gerbang seng proyek.

Sementara untuk rambu dan lampu lalu lintas telah terpasang di pertigaan jalur masuk/exit tol Cisumdawu dan Jalan Cirebon-Bandung. Layar LED dengan running text-nya pun tampak telah dinyalakan di akses jalur pintu masuk tol di kawasan Pamulihan.

Direktur Tenik Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Bagus Medi Suarso menegaskan, agenda hari ini bukan merupakan peresmian namun hanya pengoperasian seksi I Tol Cisumdawu. Pengoperasian perdananya sendiri tidak akan dihadiri oleh tamu undangan.

"Jadi bukan peresmian ya, tapi pengoperasian. Tamu juga memang tidak diundang dulu, tapi diundangnya nanti pas peresmian Seksi I, Seksi II dan Seksi III," kata Bagus saat dihubungi detikcom, Senin (24/1/2022).

Bagus mengatakan pihaknya sejauh ini belum mengetahui secara pasti siapa saja yang akan hadir dalam pengoperasian pertama Tol Cisumdawu Seksi I Ruas Cileunyi-Rancakalong. Namun, menurut dia, kemungkinan yang akan menghadiri pengoperasian pertama tol Cisumdawu yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Karena seksi I kan area pemerintah yang bangun, kalau CKJT dari area Seksi III sampai seksi VI," ujar Bagus.

Ia menjelaskan pengoperasian Tol Cisumdawu seksi I kemungkinan rencana akan dilaksanakan sore hari ini. "Rencana jam tiga sore, soalnya BPJT yang punya kewenangan jam berapa pengoperasian dimulai, tapi secara tentatif jam 3 menurut informasinya," ucap Bagus.

Simak juga video 'Tol Cisumdawu, 'Jalan Pintas' Bandung ke Bandara Kertajati':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)