Batam Bakal Punya Pelabuhan Baru dekat Singapura, Rampung Sebelum 2024

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 24 Jan 2022 13:29 WIB
Pelabuhan Batam
Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau lokasi calon Pelabuhan baru di Batam.

Pelabuhan baru ini akan dibangun di kawasan Tanjung Pinggir, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Pembangunannya ditargetkan rampung sebelum 2024.

"Sebagai regulator di bawah komando Pak Menko kita akan mengawal proses ini, kita yakini harus governance tetapi cepat, tidak mesti governance itu 5 tahun. Kita harapkan sebelum 2024 pelabuhan ini sudah beroperasi," kata Budi usai meninjau lokasi, Senin (24/1/2022).

Pelabuhan Tanjung Pinggir atau Batam New International Port akan melibatkan investor dari luar negeri serta menggandeng pengusaha lokal.

"Sesuai arahan Pak Menko tadi kita buat skema pembangunan ini lebih governance tapi memberikan kesempatan swasta selebar-lebarnya. Kami sebagai regulator mengawal, membuat suatu time frame, membuat suatu studi yang matang, nanti BUMD, swasta lokal silahkan invite investor dari luar," tuturnya.

Berdasarkan pantauan detikcom, lokasi calon pelabuhan baru Batam ini masih berupa hamparan tanah dengan ditumbuhi sejumlah pohon.

Lokasi pembangunan Pelabuhan Tanjung Pinggir ini menghadap langsung ke Singapura. Bahkan gedung-gedung pencakar langit di Negeri Singa itu tampak samar-samar dari kejauhan.

(toy/fdl)