Dibuka Sore Ini, Tol Cisumdawu Seksi I Gratis 2 Minggu

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 24 Jan 2022 14:31 WIB
Tol Cisumdawu
Jalan tol Cisumdawu/Foto: Nur Azis
Jakarta -

Sore ini Tol Cisumdawu seksi I dibuka. Ruas yang akan dibuka hari ini sepanjang 11,45 km, menghubungkan Cileunyi ke Pamulihan.

Kepala BPJT Danang Parikesit menyatakan tol ini bakal beroperasi gratis selama dua minggu ke depan. Dia bilang paling lambat tol bakal dibuka penuh besok pagi.

"Kemungkinan besar karena kami open traffic perdana pada hari ini. Maka secara umum barangkali kalau tidak nanti sore ya besok pagi, itu masih gratis selama dua minggu," kata Danang dalam konferensi pers di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (24/1/2022).

Danang mengatakan sejauh ini untuk penarifannya sudah ada SK Menteri PUPR yang ditetapkan untuk tol Cisumdawu. Dia bilang tarif bakal dipatok Rp 1.000 per km untuk kendaraan golongan II.

"Pentarifan sudah diterapkan SK oleh Pak Menteri dan diterapkan seperti biasa kami akan meminta badan usaha untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Tarifnya Rp 1.000 per km," ungkap Danang.

Mengenai pembukaan tol Cisumdawu, Danang mengatakan untuk seksi I sepanjang 11,4 km sudah dilakukan evaluasi laik fungsi pada 17 Januari 2022. Sertifikat laik operasi sendiri sudah dikeluarkan pada 21 Januari yang lalu.

"Ditjen Bina Marga telah mengeluarkan sertifikat laik operasi pada 21 Januari. Karena itu, kami berencana membuka pengoperasian seksi satu pada sore hari ini, jam 3 kami akan open traffic," papar Danang.

Sebagai informasi, Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Tol Cisumdawu Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) untuk menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Tol Cisumdawu Seksi 3-6 dibangun oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan nilai investasi Rp 8,41 triliun.



Simak Video "Ridwan Kamil Jajal Tol Cisumdawu-Targetkan Beroperasi Penuh Juni"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)