Tol Cisumdawu Seksi 1 Dibuka Hari Ini, Gratis 2 Minggu!

Wisma Putra, Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 25 Jan 2022 06:00 WIB
Jakarta -

Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Tol Cisumdawu seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan mulai beroperasi. Ruas tol sepanjang 11,45 kilometer (km) ini mulai dibuka hari ini, Selasa (25/1) pukul 06.00 WIB

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meresmikan Tol Cisumdawu Senin sore (24/1). Pria yang akrab disapa Kang Emil ini juga menyatakan jalan tol bakal dibuka gratis selama dua pekan.

"Besok (hari ini) jam enam pagi (jalan tol dibuka). Bilang kepada masyarakat, gratis selama dua minggu," kata Kang Emil dalam sambutannya, peresmian yang berada di kawasan Simpang Susun Cileunyi, Jawa Barat, Senin (24/1/2022).

Seperti diketahui, pengoperasian jalan bebas hambatan ini bakal memberikan solusi kemacetan yang biasa terjadi di kawasan Jatinangor-Tanjungsari-Pamulihan.

Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Tol Cisumdawu Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) untuk menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Tol Cisumdawu Seksi 3-6 dibangun oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan nilai investasi Rp 8,41 triliun.

Berapa tarif Tol Cisumdawu nanti? Cek halaman berikutnya.