Hati-hati! Ada Perbaikan Besar-besaran di Ruas Tol Trans Sumatera

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 25 Jan 2022 07:15 WIB
Tol Kayuagung-Palembang
Tol Kayuagung-Palembang/Foto: Rachman Haryanto

Tidak Ada Penutupan Jalan Tol

Danang menegaskan tidak akan ada penutupan jalan tol meskipun ada perbaikan besar-besaran. Dia mengatakan sejauh ini operator akan melakukan berbagai bentuk manajemen lalu lintas, misalnya pemanfaatan bahu jalan.

"Bicara teknis pelaksanaan perbaikan, sejauh ini tidak ada penutupan dan akan fokus ke manajemen lalu lintas. Misalnya kalau memang cukup lebar ditangani, ini akan bisa memanfaatkan bahu jalan. Misalnya bisa diperkeras di pinggirnya untuk jadi lajur sementara," ungkap Danang.

Ataupun opsi lain seperti penutupan sebagian lajur. Bisa juga dengan pembukaan satu lajur di arah berlawanan, alias contraflow. Yang jelas masyarakat diminta untuk berhati-hati saat melewati dua ruas tol Trans Sumatera ini.

Dia juga mengingatkan agar operator segera melakukan perbaikan dengan cepat dan cermat. Pasalnya, bila perbaikan tak dilakukan, dua ruas tol ini tidak bisa melakukan penyesuaian alias kenaikan tarif.

"Pada bulan April akan ada pengukuran SPM secara ulang. Tidak serta merta mereka bilang perbaikan selesai dan tarif akan dinaikkan. Akan dievaluasi ulang, sehingga saat tarif disesuaikan kondisi jalan harus sudah memenuhi standarnya 100%," ungkap Danang.

Sejauh ini operator ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sudah mengajukan penyesuaian tarif pada Desember 2021. Danang menegaskan pengajuan itu akan ditangguhkan terlebih dahulu seiring dengan perbaikan besar-besaran di ruas tersebut.

Soal disetujui atau tidaknya pengajuan penyesuaian tarif itu, Danang bilang akan menunggu evaluasi SPM yang dilakukan pada April setelah adanya perbaikan besar-besaran.

"Kami juga dapat instruksi selama rekonstruksi pengajuan tarif untuk Terbanggi Besar-Kayu Agung masuk ke kami Desember untuk diberikan setelah pemenuhan SPM dilaksanakan pada April. Selesai rekonstruksi kita cek kembali jalan tol itu SPM-nya sudah terpenuhi belum? Baru bisa sesuaikan tarif," papar Danang.


(hal/ara)