Ridwan Kamil Minta Cisumdawu Ganti Nama Jadi Tol Ali Sadikin

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 25 Jan 2022 11:02 WIB
Tol Cisumdawu baru saja diresmikan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung menjajal jalan tol tersebut.
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan 11,45 km baru saja beroperasi pada Senin (25/1) kemarin. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap nama jalan tol ini bisa diganti menjadi Jalan Tol Ali Sadikin.

"Diharapkan nantinya dapat dipertimbangkan menjadi Jalan Tol Ali Sadikin sebagai tokoh Jawa Barat yang luar biasa, semoga mendapat pertimbangan dari bapak Menteri PUPR," dikutip Selasa (25/1/2022).

Dia menjelaskan dengan bertambahnya konektivitas Jalan Tol di Jawa Barat ini diharapkan perekonomian lebih cepat pulih.

Menurut dia ini sejalan dengan komitmen Presiden Joko Widodo di Jawa Barat karena ada 6 sampai 7 jalan tol yang sedang konstruksi dan akan dibangun salah satunya jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap yang hasil lelangnya sudah ditetapkan.

Selanjutnya jika tak ada halangan pada Juni 2022 seluruh ruas tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi konstruksinya akan selesai dan terkoneksi hingga Jalan Tol Cipali.

Dari Tol Cipali ke Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati juga sudah selesai, sehingga pada pertengahan tahun 2022 masyarakat sudah bisa ke bandara secara langsung kurang lebih dengan waktu 40 menit lewat tol Cisumdawu.

"Sambil menunggu waktu persiapan Bandara Kertajati yang diaktivasikan secara optimal sehingga ini yang kita tunggu tunggu," jelas dia.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengungkapkan, Jalan Tol Cisumdawu ini merupakan salah satu Jalan Tol terindah di Indonesia. BPJT juga mengutamakan keselamatan, kekuatan konstruksi dan selanjutnya masyarakat dapat memanfaatkan Jalan Tol ini sebaik-baiknya.

"Jalan Tol ini diharapkan juga semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memberikan nilai tambah bagi peningkatan ekonomi di Jawa Barat," ujar Danang.

Sebagai informasi, Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 dan Seksi 2 sepanjang 28,5 km yang dibangun oleh Pemerintah terbagi menjadi Seksi I Cileunyi - Pamulihan (11,45 km), Seksi II Pamulihan - Sumedang (17,05 km).

Kemudian, Seksi III, IV, V, VI yang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol sepanjang 33,21 km saat ini progres Seksi III Sumedang - Cimalaka (4,05 km) konstruksi sudah 100% rampung, Seksi IV Cimalaka - Legok (8,20 km) konstruksi sudah 18,97%.

Selanjutnya Seksi V A&B Legok - Ujung Jaya (14,9 km) konstruksi sudah 25,86% dan 48,83%, dan Seksi VI A&B Ujung Jaya - Dawuan (6,06 km) konstruksi sudah berjalan 81,78% dan 93,30%. Untuk Junction Dawuan yang terkoneksi dengan Jalan Tol Cipali progresnya sudah mencapai 91,72% dan secara keseluruhan ditargetkan akan selesai konstruksinya pada pertengahan tahun 2022.

Simak Video 'Dibuka Hari Ini, Tol Cisumdawu Seksi 1 Gratis 2 Minggu!':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/eds)