Top! Jalan di Bali Aman Dilalui Mobil Anti Peluru Delegasi KTT G20

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 25 Jan 2022 15:03 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan operasional Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU) melalui Online Single Submission (OSS) di Jakarta, Selasa (5/10).
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Istimewa/Kementerian PUPR
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan jalan dan jembatan di Bali yang akan dilalui 39 kepala negara dalam agenda KTT G20 tahan beban untuk kendaraan anti peluru.

Adapun jalan yang akan dilakukan penataan ini adalah ruas jalan Bandara Internasional Ngurah Rai Bali hingga lokasi acara G20, serta peningkatan Jalan Simpang Siligita-Kempinski.

"Ruas jalan ini yang akan dilalui oleh kepala negara, karena mobilnya itu semua anti peluru, minimal beratnya 20 ton," Basuki dalam Rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Selasa (25/1/2022).

Selain jalan, Basuki menyampaikan Kementerian PUPR juga akan preservasi jalan dan jembatan Simpang Pesanggaran-Nusa Dua, Jimbaran-Uluwatu, hingga penataan lanskap bundaran serta pedestrian.

"Kita cek semua jembatan-jembatan yang akan dilalui oleh rombongan 39 kepala negara ini," ujarnya.

Adapun anggaran yang disiapkan untuk penataan jalan dan jembatan di Bali ini sebesar Rp 505,9 miliar. Nilai itu dari total anggaran Rp 2,7 triliun untuk Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan Acara Internasional di Provinsi Bali, Jakarta, NTB dan NTT.

(ara/ara)