Pasokan Air Bersih Bisa Seret Gegara Krisis Iklim, Bagaimana Siasatinya?

Dana Aditiasari - detikFinance
Selasa, 25 Jan 2022 15:58 WIB
World Water Day atau Hari Air Sedunia adalah perayaan tahunan yang dilakukan untuk kembali menarik perhatian publik pada pentingnya air bersih dan penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.
Foto: Getty Images

Salah satu solusi dalam menghadapi perubahan iklim dan menjamin ketersediaan air bersih di tengah masyarakat dan kebutuhan industri yaitu melalui pengembangan layanan air bersih yang terintegrasi dari hulu hingga hilir.

"KTI yang merupakan afiliasi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk telah mengembangkan layanan air bersih terintegrasi untuk masyarakat maupun sektor industri. Bahkan kompetensi kami juga mendukung untuk dapat menjadi penyedia jasa pengelolaan air limbah dan memastikan terpenuhinya baku mutu lingkungan sekaligus pemanfaatan kembali hasil olahan air limbah tersebut menjadi air proses produksi maupun peruntukan lainnya," ungkap Alugoro.

Selain itu, KTI sampai saat ini telah melakukan pemanfaatan air permukaan dari beberapa sungai dan waduk yang ada di Provinsi Banten meliputi Sungai Cidanau, Sungai Cipasauran, dan Waduk Nadra Krenceng. Pengolahan air bersih ini dilakukan dengan menggunakan teknologi tinggi disertai dengan perawatan secara berkala untuk menjamin kualitas air bersih yang dihasilkan.

"KTI berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan air bersih terintegrasi serta pengolahan air limbah menjadi air bersih untuk menjaga ketersediaan air bersih di tengah masyarakat dan industri. Komitmen ini tentu saja dengan tetap memastikan proses yang kami lakukan ramah lingkungan guna menghadapi tantangan perubahan iklim ke depannya," tutup Alugoro.


(dna/zlf)