Jokowi Beberkan Proyek Kabel Bawah Laut RI-Pantai Barat AS

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 27 Jan 2022 22:16 WIB
Proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Facebook-Google yang menghubungkan Amerika Utara dengan Asia Tenggara.
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Bakal ada proyek pembangunan kabel bawah laut Indonesia menyambung langsung dengan pantai barat Amerika Serikat (AS). Pembangunan ini dilakukan untuk mendukung interkonektivitas global.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini ada 3 investasi pembangunan kabel bawah laut.

"Untuk mendorong interkonektivitas global yang semakin meningkat, saat ini ada 3 investasi pembangunan kabel telekomuniaksi bawah laut yang sedang berproses, yang menghubungkan Indonesia langsung dengan pantai barat Amerika Serikat tanpa ada negara perantara," kata Jokowi dalam acara B20 Indonesia Inception Meeting 2022, Kamis (27/1/2022).

Jokowi mengatakan, jika proyek itu rampung maka akan meningkatkan kapasitas bandwidth lebih dari 100%.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengatakan, Indonesia akan memainkan peran penting dalam ekosistem semikonduktor."Ini akan meningkatkan kapasitas bandwidth Indonesia lebih dari 100% setelah semua terbangun selesai," katanya.

"Indonesia juga akan memainkan peran penting dalam ekosistem semikonduktor dalam tahun ini kita akan membangun fasilitas chip design dan pabrik polysilicon di Jawa Tengah dengan kapasitas 40 ribu ton. Di tahap awal produk ini akan kita fokuskan untuk mensuplai kebutuhan solar cell. Namun, dalam beberapa tahun ke depan akan difokuskan untuk semikonduktor," ujarnya.

Simak Video: Jokowi Jelaskan Proyek Kabel Bawah Laut RI-Pantai Barat AS

[Gambas:Video 20detik]



(acd/zlf)