Apa Kabar Sodetan Ciliwung: Proyek Penangkal Banjir Jakarta?

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Jumat, 04 Feb 2022 13:00 WIB
Proyek Sodetan Ciliwung-KBT
Foto: Aldiansyah Nurrahman
Jakarta -

Proyek penangkal banjir Jakarta, Sodetan Kali Ciliwung saat ini masih terus berlanjut. Proyek ini membangun sodetan atau terowongan kecil untuk mengalirkan air dari kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur.

Mengintip progres proyek di lapangan, detikcom menyusuri sejumlah lokasi tempat dibangunnya proyek tersebut. Salah satunya di Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur.

Terlihat pagar-pagar tinggi membentengi proyek sodetan. Alat-alat berat terlihat berada d dalam proyek. Pekerja pabrik terpantau modar-mandir keluar-masuk proyek. Pekerjaan pembangunan sodetan d dalam pabrik juga masih berlanjut.

Proyek Sodetan Ciliwung-KBTProyek Sodetan Ciliwung-KBT Foto: Aldiansyah Nurrahman

Berdasarkan keterangan warga, proyek itu sudah berjalan sejak Desember 2021 dan direncanakan selesai dua tahun kemudian. Keadaan warga yang tinggal di sekitar proyek, yakni di RW 04 dan RW 05 tampak tenang dengan berjalannya proyek itu, meski sebelumnya sempat "memanas" karena ancaman penggusuran.

Masih dari keterangan warga setempat, ada pengalihan jalur proyek yang tadinya ada di wilayah RW 4 Kelurahan Bidara Cina. Warga mengaku RW 04 menang gugatan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) sehingga wilayah RW 04 tidak jadi dibuat sodetan.

"Aman, sudah menang pengadilan," ujar salah satu warga RW 04 saat disambangi detikcom, Jumat (04/02/2022).

Ia menambahkan, proyek sodetan tetap berjalan meski RW 04 tidak jadi digusur. Hal ini diamini oleh warga RW 04 lainnya yang mengatakan tidak ada penggusuran di wilayahnya.

Sementara proyek Sodetan Ciliwung di wilayah lainnya masih berjalan. Di wilayah RW 05, wilayah yang terimbas proyek ini adalah perusahaan-perusahaan seperti Pertamina, pom bensin, dan lahan pabrik kertas.

Proyek Sodetan Ciliwung-KBTProyek Sodetan Ciliwung-KBT Foto: Aldiansyah Nurrahman

Di wilayah RW 05, berdasarkan keterangan warga setempat rumah yang terkena gusur adalah rumah dinas. Hanya sebagian wilayah RW 05. Mereka mendapat kompensasi rumah rusun.

Sayangnya, proyek sodetan yang sedang dilakukan pekerjaan tak dapat disambangi. Pekerja proyek yang ada di tempat juga enggan memberikan keterangan apapun, juga tidak diizinkan masuk.

Proyek Sodetan Ciliwung-KBTProyek Sodetan Ciliwung-KBT Foto: Aldiansyah Nurrahman
(eds/eds)