Di Depan Jokowi, Gubsu Edy Sindir Sri Mulyani Sulit Cairkan Uang buat Tol

Iffa Naila Safira Widyawati - detikFinance
Jumat, 04 Feb 2022 14:27 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan Jalan Tol Binjai-Langsa seksi I Binjai-Stabat sepanjang 11,8 kilometer. Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang juga hadir dalam acara itu mengeluarkan pernyataan cukup menarik perhatian.

Edy menyinggung Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menurutnya sulit mengucurkan anggaran APBN untuk pembangunan tol. Hal itu disampaikan dalam pidatonya yang juga disaksikan Jokowi.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih saya atas nama rakyat Sumatra Utara. Saya tidak tahu ibu Sri Mulyani begitu sulit mungkin menganggarkan itu berkali-kali, termasuk pak Basuki (Menteri PUPR) yang selalu membahas ini," tuturnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (4/2/2022).

Edy tidak menjelaskan lebih jauh terkait pernyataannya itu. Dia kemudian melaporkan kepada Jokowi bahwa ruas tol yang diresmikan hari ini benar-benar memangkas waktu perjalanan.

"Tapi kami laporkan bahwa Presiden, dengan seksi 1 ini dibuka Stabat yang pastinya dari Medan Stabat ini 2 jam setengah, kami sekarang ini menjadi 45 menit," terangnya.

Tidak hanya itu, menurutnya waktu tempuh dari Stabat, Langkat menurut Kualanamu yang tadinya butuh waktu sekitar 2,5-3 jam saat ini hanya butuh waktu 1 jam.

"Yang lebih lagi mendapatkan rahmat jalan ini, ada Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh timur sampai ke Langsa. Apabila jalan ini nanti sudah di seksi kedua ia akan hanya 1 jam setengah dan paling lama 2 jam ke airport yang selama ini sampai 4 jam, 5 jam sampai ke Kualanamu," tambahnya.

(das/das)