Cerita Warga Tolak Digusur Proyek Sodetan Ciliwung

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Jumat, 04 Feb 2022 14:57 WIB
Proyek sodetan kali ciliwung dilanjutkan
Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta -

Perasaan was-was yang menghantui warga RW 04, Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur kini hilang. Jantung yang dulunya berdegup kencang khawatir huniannya digusur sudah tidak ada lagi.

Sebelumnya rumah warga RW 04 terancam digusur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tujuannya untuk memperlancar pembangunan Sodetan Ciliwung. Sodetan Ciliwung adalah sodetan atau terowongan kecil untuk mengalirkan air dari kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur.

Warga mengaku tidak terima dengan kebijakan penggusuran. Sebagian warga mengaku sudah lama tinggal di sini, bahkan ada yang lebih dari 50 tahun.

"Kita udah lama tinggal, di sini masih kebon. Zaman Soekarno," kata salah seorang warga yang ditemui detikcom, Jumat (4/2/2022).

Perjuangan warga agar rumahnya tidak digusur tidak main-main. Sejak proyek itu dimulai pada 2013 lalu, warga akhirnya memenangkannya di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di 2015.

Warga RW 04 bercerita, selama perjuangan mempertahankan rumahnya itu rutin mengadakan pertemuan untuk mempertahankan wilayahnya. Koordinasi dengan berbagai pihak, dari ahli hukum sampai politisi dilakukan untuk mempertahankan tempat tinggalnya.

Proyek Sodetan Ciliwung-KBTProyek Sodetan Ciliwung-KBT Foto: Aldiansyah Nurrahman

Iuran juga dilakukan warga. Setiap keluarga di RW 04 patungan seikhlasnya untuk membayar jasa pengacara di persidangan.

Tidak cuma uang, warga juga menyumbang makanan, baik itu makanan berat atau makanan ringan untuk mereka yang terlibat dalam perjuangan mempertahankan rumah, baik itu untuk warga sendiri maupun pihak luar yang datang membantu RW 04.

"Snack, kue, sampai nasi kotak juga kadang-kadang kita kasih," ujar salah seorang warga RW 04 kepada detikcom, Jumat (4/2/2022).

Perjuangan warga tersebut tidak sia-sia, pengadilan pun memenangkan warga. Hal itu juga lah yang membuat warga tenang hingga sekarang. "Alhamdulillah, sudah selesai," ujar seorang warga.

Kemenangan warga di pengadilan itu membuat warga RW 04 tenang hingga saat ini meski proyek itu tetap berjalan. Mereka yakin jalannya proyek itu tidak akan memakan sekitar 120 rumah warga yang ada di RW 04.

Meski begitu, warga tetap melalukan langkah antisipatif. Berbagai langkah disiapkan apabila ada yang bersinggungan dengan proyek sodetan di RW 04.

Proyek Sodetan Ciliwung-KBTProyek Sodetan Ciliwung-KBT Foto: Aldiansyah Nurrahman
(eds/eds)