Ada Tol Baru, Langkat-Kualanamu Tadinya 3 Jam Jadi Cuma 1 Jam

Iffa Naila Safira Widyawati - detikFinance
Jumat, 04 Feb 2022 15:48 WIB
Proyek tol Binjai-Langsa
Foto: Dok. PT Hutama Karya (Persero)
Jakarta -

Jalan tol ruas Binjai-Langsa seksi 1 Binjai-Stabat sepanjang 11,8 km telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ruas jalan tol ini memberikan banyak manfaat, salah satunya memangkas waktu perjalanan.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi yang turut memberikan sambutan dalam peresmian ruas tol tersebut mengungkapkan, dengan adanya tol baru tersebut waktu tempuh Langkat-Kualanamu terpangkas hingga 2 jam.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih saya atas nama rakyat Sumatera Utara. Dulu rakyat Langkat-Stabat untuk menuju ke Kualanamu butuh 2 setengah sampai 3 jam, saat ini dengan diberlakukannya tol ini berarti kami hanya tinggal 1 jam," tuturnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (4/2/2022).

Di hadapan Jokowi, Edy juga melaporkan bahwa ruas Binjai-Langsa seksi 1 Binjai-Stabat juga memangkas waktu dari Medan menuju Langkat menjadi hanya 45 menit.

"Kami laporkan bahwa Presiden, dengan seksi 1 ini dibuka Stabat yang pastinya dari Medan-Stabat ini 2 jam setengah, kami sekarang ini menjadi 45 menit," terangnya.

Sekadar informasi, tol Binjai-Langsa terdiri dari 5 seksi yakni seksi 1 (Binjai-Stabat) sepanjang 11,8 km, seksi 2 (Stabat-Tanjung Pura) sepanjang 26,71 km, seksi 3 (Tanjung Pura-P Brandan) sepanjang 18,98 km, seksi 4 (Pangkalan Brandan-Kuala Simpang) sepanjang 44,24 km dan seksi 5 (Kuala Simpang-Langsa) sepanjang 29,18 km.

Pada kesempatan yang sama, selain diresmikannya tol Binjai-Stabat, PT Hutama Karya juga melakukan penandatanganan Letter of Commitment (LoC) atas Penyertaan Modal Negara (PMN) Tahun 2021 sebesar Rp 25,2 triliun.

PMN ini diperuntukkan untuk percepatan pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Penandatanganan LoC ini diselenggarakan di Tol Binjai-Stabat karena merupakan salah satu ruas JTTS yang dibangun menggunakan dana PMN TA 2021.

Simak Video 'Jokowi Resmikan Tol Binjai-Stabat: Potensi Besar!':

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)